Menerapkan Pola Pendidikan Rohani Anak Berkebutuhan Khusus (Attention Deficit or Hyperactivity Disorder)
Abstract
Abstrak
Yesus pernah menegur murid-murid ketika mereka menghalangi para orang tua yang membawa anak-anaknya datang kepada Yesus. Perhatian dan pelayanan Yesus merupakan penerapan praktis perintah Musa kepada seluruh umat Israel. Perintah itu adalah pendidikan rohani yang harus diajarkan kepada anak-anak supaya generasi penerus Israel tetap terhubung sebagai umat Tuhan, dimana mereka adalah umat kepunyaan Allah dan Tuhan adalah Allah mereka sampai selama-lamanya (Ulangan 6:1-9). Perintah Musa sangat jelas ditujukan kepada para orang tua untuk mengajarkan dengan tekun kepada anak-anak mereka. Pada kenyataanya di dunia ini terdapat anak-anak dengan beragam kondisi fisik maupun jiwanya. Ada anak yang cepat menangkap terhadap semua ajaran yang mereka terima dari orang tuanya dan lingkungannya, namun ada juga anak yang memiliki kebutuhan khusus, seperti anak penyandang Attention Deficit Or Hyperactivity Disorder. Bagaimana pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak penyandang Attention Deficit Or Hyperactivity Disorder, (untuk selanjutnya disebut ADHD) atau gangguan pemusatan perhatian. Kebutuhan pendidikan rohani anak-anak penyandang ADHD harus tetap dipenuhi sekalipun pada prakteknya perlu penangan secara khusus, agar segala sesuatu yang diajarkan, khususnya nilai-nilai kebenaran yang alkitabiah, dapat diberikan kepada mereka ketika usianya kurang dari lima tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cairns, J. Tafsiran Kitab Ulangan, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008
Gill, John. John Gill’s Exposition Of The Entire Bible, e-sword v6.5.0, 2002
Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2014): 62–69. www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.
Hasugian, Johanes Waldes, Suardin Gaurifa, Sipora Blandina Warella, Jusuf Haries Kelelufna, and Josefien Waas. “Education for Children with Special Needs in Indonesia.” Journal of Physics: Conference Series 1175, no. 1 (2019).
Heath, Stanley. Teologi Pendidikan Anak – Dasar Pelayanan Kepada Anak, Bandung: Yayasan Kalam HIdup, 2005.
Kristiono, Tanto, and Deo Putra Perdana. “Hambatan Dan Pelayanan Guru Sekolah Minggu Di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 2 (2019): 90–100. http://www.sttbaptisjkt.ac.id/e-journal/index.php/graciadeo/article/view/9.
Lasor, W.S. D.A. Hubbard, F.W. Bush., Pengantar Perjanjian Lama 1, Jakarta: BPK, 1993.
Lewis, Leila. Mengajar Untuk Mengubah Kehidupan, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1994
Martin, Grant L. Terapi Anak ADHD, Jakarta: BIP, 2008
Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional, Bandung: Yayasan Kalam Hidup.
Sugiarmin, M. Mpd. & Drs MIF. Bihaqi, MSi., Memahami Dan Membantu Anak ADHD, Bandung: Aditama, 2008
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v2i1.35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats