Kepemimpinan Kristiani dalam Mengupayakan Kerukunan Sosial: Sebuah Pendekatan Teologis dan Implementasi Praktis

Robertson Rining, Karel Martinus Siahaya

Abstract


Christian leadership is also required to positively or positively impact the social environment. Christian leadership exists to respect each other between religions in society and social communities and to maintain mutual feelings between religious communities to avoid friction between religious communities. Using a descriptive qualitative method, it can be concluded that integrating Christian values into the leadership of Christian leaders can be an effective instrument in building a just, harmonious, and peaceful community, as well as creating an environment that promotes harmony, mutual respect, and mutual prosperity. Moreover, harmony is the foundation of Christian leadership, which must emulate what Jesus did in actualizing his leadership. And, of course, Christian Values in Leadership must be practically implemented in God's people and social communities.


Abstrak
Kepemimpinan kristiani juga dituntut untuk membawa pengaruh positif atau berdampak baik dalam lingkungan sosial. Sebab kepemimpinan kristiani ada untuk saling hormat menghormati antar agama di dalam masyarakat, dan komunitas sosial, dan untuk saling menjaga perasaan antar umat beragama untuk menghindari adanya gesekan antar umat beragama. Menggunakan metode kualitatif deskritif maka dapat disimpulkan bahwa mengintegrasikan nilai-nilai Kristen ke dalam kepemimpinan pemimpin Kristen dapat menjadi instrumen yang efektif dalam membangun komunitas yang adil, harmonis, dan berdamaian, serta menciptakan lingkungan yang mempromosikan kerukunan, saling menghargai, dan kesejahteraan bersama. Terlebih dengan jelas bahwa kerukunan sebagai Fondasi Kepemimpinan kristiani yang harus meneladani apa yang Yesus lakukan dalam mengaktualisasikan kepemimpinannya. Dan tentunya harus diimplementasi secara praktis Nilai-nilai Kristen dalam Kepemimpinan kepada umat Tuhan dan komunitas sosial.

Keywords


Christian leadership; plurality; pluralism; social harmony; kepemimpinan kristiani; kerukunan sosial; kemajemukan

Full Text:

PDF

References


Abror, MHD. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi.” RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam 1, no. 2 (2020): 137–48. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Arifianto, Yonatan Alex, and Kalis Stevanus. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Dan Implikasinya Bagi Misi Kristen.” HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2020): 39–51. https://doi.org/10.46817/huperetes.v2i1.44.

Arifianto, Yonatan Alex, Aji Suseno, and Paul Kristiyono. “Aktualisasi Misi Dalam Pluralisme Agama-Agama Di Era Disrupsi.” Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2021): 1–14. http://sttkai.ac.id/e-journal/index.php/xairete/article/view/1.

Damanik, Dapot, Michael Simanjuntak, Grace Sihombing, and Sari Mutiara Sinaga. “Pandangan Alkitab Tentang Toleransi.” DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2023): 57–71. https://doi.org/10.52879/didasko.v3i2.96.

Dongoran, Evans Dusep, Johanes Waldes Hasugian, Josanti Josanti, and Alex Djuang Papay. “Mananamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Kristen Di SMAN 1 Bintan Timur.” REAL COSTER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2020): 7–11.

Evriyani Lambang, Mandi’. “Implementasi Keteladanan Kepemimpinan Rasul Paulus Bagi Kepemimpinan Pemimpin Gereja Masa Kini Pendeta.” Jurnal Ilmiah Mahasisiwa, 2022.

Ferdian, Yola, and Alpizar Alpizar. “BELAJAR TOLERANSI DI SEKOLAH Studi Di SMA Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak.” TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 2021. https://doi.org/10.24014/trs.v13i1.13650.

Indriani Rorong, Novita. “Budaya Kekerasan Dalam Media Elektronik Ditinjau Dari Sudut Pandang Etika Kristen.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 3, no. 1 (2020): 88–109. https://doi.org/10.34081/fidei.v3i1.97.

Kalis Stevanus. “Memaknai Kisah Orang Samaria Yang Murah Hati Menurut Lukas 10:25-37 Sebagai Upaya Pencegahan Konflik.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3, no. 1 (2020): 2.

Karlau, Sensius Amon. “Konstruksi Misi Integral Menurut Matius 9:35-36.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2023. https://doi.org/10.30648/dun.v8i1.959.

Mandala, Yohanes, and Ezra Tari. “Pengajaran Yesus Tentang Toleransi Dalam Masyarakat Majemuk.” Melo: Jurnal Studi Agama-Agama 3, no. 2 (2023): 163–77. https://doi.org/10.34307/mjsaa.v3i2.155.

Mursyidah, Ainun, Alifah Nabila Azzahro, Dini Adila Rahmah, Eva Nur Maziyah, Laily Safarina Fadliyah, Nindy Putri Sabrina, and Riginia Tri Meitasari. “Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah.” Unipa Surabaya, no. April (2022): 1112–18.

Nesti Gulo. “Teologi Tubuh: Makna Mata Sebagai Pelita Tubuh Menurut Injil Lukas 11:34 Dan Bapa Gereja Philokalia.” Diegesis : Jurnal Teologi 7, no. 2 (2022): 129–41. https://doi.org/10.46933/dgs.vol7i2129-141.

Octavia, Indri, Toni Harsan, and Siti Fatimah. “Peran Pemerintah Desa Dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Singodutan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Pendahuluan Kerukunan Antar Umat Beragama Adalah Suatu Hal Yang Sangat Penting Untuk Kesejahteraan Dan Kedamaian Di Bangsa Ini . Ind.” Jurnal Prgdi PPKn, FKI Univet Bantara Sukoharjo Bekerja Sama Dengan Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Jawa Tengah 4 (2022): 95–105.

Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Purwati, Purwati, Dede Darisman, and Aiman Faiz. “Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi Dalam Praksis Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3729–35. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733.

Rusydi, Ibnu, and Siti Zolehah. “Makna Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Konteks Keislaman Dan Keindonesian.” Journal for Islamic Studies 1, no. 1 (2018): 170–81. https://doi.org/10.5281/zenodo.1161580.

Sahari, Gunar. “Peranan Pemimpin Kristen Dalam Meningkatkan Kualitas Kerukunan Antar Umat Beragama Yang Pluralis.” Jurnal Luxnos 4, no. 2 (2018): 171–92. https://doi.org/10.47304/jl.v4i2.129.

Samuel, Samuel, and Esther Epin Tumonglo. “Toleransi: Peran Tokoh Agama Sebagai Perekat Kerukunan Umat Beragama.” Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama 3, no. 1 (2023): 81. https://doi.org/10.22373/arj.v3i1.14734.

Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. “Pelayanan Yesus Sebagai Teladan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Agama Kristen.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 252–73. https://doi.org/10.46558/bonafide.v3i2.125.

Silalahi, Misdon, Rudolf Weindra Sagala, Alvyn C. Hendriks, and Janes Sinaga. “Karakteristik Kepemimpinan kristiani Melalui Keteladanan Yesus Dalam Melayani Berdasarkan Markus 10: 43-45.” Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kerusso, 2023. https://doi.org/10.33856/kerusso.v8i1.272.

Simon, Simon, and Yonatan Alex Arifianto. “Kerukunan Umat Beragama Dalam Bingkai Iman Kristen Di Era Disrupsi.” JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI 1, no. 1 (2021): 35–43.

Siregar, Viktor Deni, and Fredik Melkias Boiliu. “Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama.” REGULA FIDEI Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2023): 10–17.

Suhadi, Suhadi, and Yonatan Alex Arifianto. “Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan Di Era Milenial.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 129–47. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.32.

Sunarno, Ali, Firman, Asep Ikbal, and Lala Indrawati. “Upaya Meminimalisir Kasus Intoleransi Dalam Pendirian Tempat Ibadah Demi Terciptanya Kohesi Sosial Pada Masyarakat Multikultural Di Kalimantan Tengah.” Jurnal Paris Langkis 3, no. 2 (2023): 93–100. https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8719.

Supit, Sugijanti. “Membangun Sikap Toleransi Dalam Bingkai Pendidikan Kristiani Bagi Anak Usia Dini Dalam Keluarga.” Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 165–74. https://doi.org/10.46305/im.v2i2.12.

Walean, Jefrie. “Gereja Dalam Keragaman Dan Keharmonisan: Studi Sosioteologis Merawat Kerukunan Hidup Beragama.” MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan kristiani 2, no. 2 (2021).

Waruwu, Kharisda Mueleni, Sugiono Sugiono, and Fransius Kusmanto. “Kajian Teologis Tentang Formasi Rohani Pemimpin Muda Berdasarkan 1 Timotius 4:1-16.” Jurnal Teologi (JUTEOLOG) 2, no. 1 (December 2021): 97–119. https://doi.org/10.52489/juteolog.v2i1.41.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v5i2.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats