Mengembangkan Pendidikan Agama Inklusif sebagai Solusi Pengelolaan Keragaman di Indonesia
Abstract
Abstrak
Artikel ini mendiskusikan pentingnya pendidikan agama inklusif sebagai instrumen untuk membangun dan mengembangkan satu model pendidikan agama kontekstual di Indonesia. Pembahasan ini bertujuan memberi pemikiran alternatif untuk mengoreksi realitas praktik keagamaan eksklusif yang diduga turut dipengaruhi oleh cara pembelajaran agama di sekolah yang belum mampu mengubah dan membentuk sikap inklusif naradidik. Dari hasil kajian berbagai literatur ditemuai bahwa selain politik pendidikan dan sistem pendidikan agama di Indonesia yang banyak dikomentari, pendidikan agama yang dibangun dalam paradigma eksklusif telah turut membentuk sikap kebencian dan intoleransi di kalangan naradidik, yang dapat dijadikan lahan subur tumbuhnya gerakan radikalisme dan ekstrimisme. Ditemui bahwa pendidikan agama inklusif yang memberi perhatian pada upaya membangun penyadaran terhadap perbedaan dapat dijadikan model efektif yang mentransformasi pendidikan keagamaan dalam konteks bermasyarakat di Indonesia yang majemuk ini. Pendidikan agama inklusif sekaligus menjadi media pembelajaran agama yang dapat membentuk sikap moderat nara didik. Dalam kaitan ini pendidikan agama inklusif dapat dijadikan salah satu solusi bagi penguatan sikap penerimaan terhadap kelompok lain di luar kelompok sendiri dan pengelolaan keragaman di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banks, James A., 2001, “Multicultural Education: Characteristics and Goal,” dalam Multicultural Education: Issues and Perspectives, ed. James A. Banks and Cherry A. McGee Banks. New York: Jhon Willey & Sons.Inc.
----------, 2010, “Approaches to Multicultural Curriculum Reform,” dalam Multicultural Education: Issues and Perspectives, ed. James A. Banks and Cherry A. McGee Banks. New York: Jhon Willey & Sons.Inc.
Christiani, Tabita K., 2005, “Blessed are The Peacemakers: Christian Religious Education for Peacebuilding in The Pluralistic Indonesian Context”, Dissertation, The Graduate School of Arts and Sciences Instutute of Religious Education and Pastoral Ministery of Boston College.
----------, Christian Religious Education for Peace, makala The International Conference on Spirituality, Religious Education and Music for Peace Building, Ambon: STAKPN Ambon.
Dewey, John, 1997, Experience and Education, First Collier books ed., The Kappa Delta Pi Lecture Series. New York: Touchstone.
Dupuis, Jacques, S.J., 2001, Toward a Christian Teology of Religion Pluralism, New York: Orbis Books.
Hope S. Antone., 2010, Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan dalam Pendidikan Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Kniter, Paul F., 2003, Satu Bumi Banyak Agama, Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Listia, dkk., 2007, Probelamtika Pendidikan Agama di Sekolah (Hasil Penelitian Tentang Pendidikan Agama di Kota Yogyakarta 2004-2006), Yogyakarta: Interfidei.
Rumahuru, Y.Z., 2014, Keragaman Sebagai Basis Pembelajaran PAK, Jurnal Mara
Christy Vol. V. No. 2, Juli-Desember 2014 Ambon: STAKPN Ambon.
Saerozi, Muh., 2003, Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: Telaah Historis atas Kebijakan Pendidikan Agama Konfensional di Indonesia, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Seymour, Jack L., Margaret Ann Crain, and Joseph V. Crockett. 1997, Educating Christians: The Intersection of Meaning, Learning, and Vocation. Nashville: Parthenon Press.
Suhadi dkk., 2014, Politik Pendidikan Agama, Kurikulum 2013 di Ruang Publik Sekolah, Yogyakarta: CRCS UGM.
Tilaar, H.A.R. 2000, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia:Strategi Reformasi Nasional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
----------, 2004, Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasinal. Jakarta: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v1i1.13
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats