Manajemen Kelas
Abstract
Abstrak
Manajemen kelas adalah upaya mendayagunaan pengelolaan kelas dalam konteks dan konten kegiatan belajar mengajar. Manajemen kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru dalam memutuskan, memahami, mendiagnosis dan kemampuan bertindak menuju perbaikan suasan kelas terhadap aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen kelas adalah: sifat kelas, pendorong kekuatan kelas, situasi kelas, tindakan seleksi dan kreatif. Manajemen kelas merupakan keterampilan guru dalam mengatur, mengarahkan dan mengelola kegiatan belajar siswa menjadi lebih baik dalam kegiatan belajar atau pembelajaran, sehingga dalam manajemen kelas kegiatan belajar atau pembelajaran dapat berjalan baik. Manajemen kelas merupakan usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengatur segala kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran agar dapat berjalan secara sistematis dan dinamis. Usaha sadar tersebut mengarah pada persiapan dalam mengajar, belajar siswa, sarana dan prasarana, media pembelajaran, mendisain ruang belajar, menciptakan situasi dan kondisi dalam kegiatan belajar mengajar, mengatur waktu dan hal-hal lainnya yang berhubungan kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran agar berjalan dengan baik. Tujuan yang hendak dicapai dalam manejeman kelas adalah: tercapainya tujuan intruksional (kompetensi inti, kompetensi dasar serta indikator).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Organisasi Dan Administrasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Jakarta : Grafindo Persada. 2002.
Baedowi, Ahmad, dkk. Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa, Jakarta: Yayasan Sukma, 2015
Danin, Sudarwan dan Khairil. Perilaku Siswa, Jakarta: Mahasatya, 2011.
Djamarah, Saiful Bahri, Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Hadi, A. Soedomo. Pengelolaan Kelas, Surakarta: UNS Press, 2005
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Marwansyah. Organisasi Kelas, Bandung: Alfabeta, 2013.
Muttaqin, M . Pendekatan Dalam Kelas, Bandung: IAIN Bandung, 2001.
Riyanto. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Mahasatya, 2004.
Panggebean, Yusril. Strategi,Model, Dan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2006, Bandung: Bina Media Informasi, 2007.
Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Usman, User. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v1i1.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats