Profil Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Pemimpin yang Melayai

Arozatulo Telaumbanua

Abstract


The task of Christian religion teachers is not just teaching but also leaders of their students. The task of the Christian religion teacher is complex so as to enable his leadership to focus more on the concept of service that brings students more disciplined and quality. The Christian teacher as a leader who serves is to give his time, energy, thoughts, and life as an educator. Qualified Christian religion teachers are able to lead their students with exemplary leadership and love. Serving leadership, Christian religious teachers attach great importance to teaching that leads students to better understand the meaning of their lives as Christians. The concept of Christian religious teacher leadership is intended to focus more on the leadership of student characters. Character leadership is the goal of Christian religious education to produce great leaders and characters like the Lord Jesus Christ. In this study, the authors use library research methods, namely books and literature as a source of data.


Abstrak
Tugas guru agama Kristen tidak hanya sekadar mengajar tetapi juga pemimpin bagi muridnya. Tugas guru agama Kristen adalah kompleks sehingga memungkinkan kepemimpinannya lebih fokus pada konsep pelayanan yang membawa muridnya lebih disiplin dan berkualitas. Guru agama Kristen sebagai pemimpin yang melayani adalah memberikan waktu, tenaga, pikiran dan kehidupannya sebagai pendidik. Guru agama Kristen yang berkualitas mampu memimpin muridnya dengan kepemimpinan teladan dan kasih. Kepemimpinan yang melayani, guru agama Kristen mementingkan pengajaran yang membawa murid lebih memahami makna hidupnya sebagai orang Kristen. Konsep kepemimpinan guru agama Kristen yang dimaksudkan lebih fokus pada kepemimpinan karakter murid. Kepemimpinan karakter merupakan tujuan pendidikan agama Kristen untuk menghasilkan pemimpin yang hebat dan berkarakter seperti Tuhan Yesus Kristus. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian pustaka, yakni buku dan literatur sebagai sumber data.

Keywords


Christian religious teacher; leader; serving; guru agama Kristen, pemimpin, melayani

Full Text:

PDF

References


Boiliu, Noh Ibrahim, Aeron Frior Sihombing, Christina M Samosir, and Fredy Simanjuntak. “Mengajarkan Pendidikan Karakter Melalui Matius 5 : 6-12.” Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 6–12. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

Butarbutar, Adolf B. Prinsip Kepemimpinan Gembala Sidang. Jakarta: Yayasan Yosafat Indonesia, 2019.

Gaol, Nasib Tua Lumban dan Andrianus Nababan. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen”, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Januari-Juni (2019).

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

———. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif. Prodi Teologi STT-SU, 2016.

Hutagaol, Albiden. Memimpin Seperti Yesus. Malang: Gandum Mas, 2010.

Lebar, Lois E. Education That Is Christian. Malang: Gandu Mas, 2006.

Marbun, Purim. “Pemimpin Transformatif Dalam Pendidikan Kristen.” Magnum Opus: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 1, no. 2 (2020): 72–87. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/magnumopus/article/view/47/14.

Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.

Siahaya, Johanes. “Kepemimpinan Kristen dalam Pluralitas Indonesia”, JURNAL TERUNA BHAKTI, Volume 1, No. 1, Agustus 2018, http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna.

Spears. Servant Leadership and the Greenleaf Legacy (editor), “Reflections on Leadership”. New York: John Wiley and Sons, 1995.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa”, FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, Vol. 1 No. 2 (Desember 2018), http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat”, FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, Vol. 2 No. 2 (Desember 2019), http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.

Telaumbanua, Arozatulo. Teaching Like Jesus. Medan: STT-SU Prodi Teologi, 2018.

Tomatala, Yakub. Penatalayanan Gereja yang Efektif di Dunia Modern. Malang: Gandum Mas, 1993.

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan yang Dinamis. Jakarta: YT Leadership, 2012.

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Utomo, Bimo Setyo. “DUNAMIS ( Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani ) ( R ) Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” Dumanis (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) 1, no. 2 (2017): 1–15.

Wijaya, Yahya. “Kepemimpinan Yesus Sebagai Acuan Bagi Kepemimpinan Gereja Masa Kini”, JURNAL JAFFRAY, Vol. 16, No. 20 (Oktober 2018), http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/index.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v3i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats