Tantangan Beragama di Era Posmodern: Memetakan Dinamika Spiritual dan Praktik Keberagamaan dalam Dunia Digital

Leonardi Herlim, Andreas Fernando

Abstract


The postmodern era brings new challenges to religious practice, especially with the advancement of digital technology that changes the way individuals interact with faith and spiritual communities in this digital age. This article aims to map the spiritual dynamics that emerge in the context of the digital world, as well as how digital platforms affect traditional, conventional religious practices. Using a descriptive qualitative method with a literature review approach, it can be concluded that the experiences of adherents of various religions adapting to these changes, including the phenomenon of virtual rituals, online religious learning, and interactions between communities on social media show that while the digital world offers new opportunities for the dissemination and understanding of religion, there are also challenges related to spiritual authority, authenticity of practice, and ethical issues. Thus, the influence of the evolution of Virtual Media and Worship in Spiritual Identity Amidst Diversity and Pluralism. Playing an important role in ethics and Social Responsibility in Digital Religious Practices so that pluralism and Tolerance in Digital Religion must continue to be actualized to face religious challenges in the postmodern era.


Abstrak
Era posmodern membawa tantangan baru bagi praktik keberagamaan, terutama dengan kemajuan teknologi digital yang mengubah cara individu berinteraksi dengan iman dan komunitas spiritual di era digital ini. Artikel ini bertujuan untuk memetakan dinamika spiritual yang muncul dalam konteks dunia digital, serta bagaimana platform digital memengaruhi praktik keberagamaan tradisional yang komvesional. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literature, maka dapat disimpulkan bahwa pengalaman para penganut berbagai agama yang beradaptasi dengan perubahan ini, termasuk fenomena ritual virtual, pembelajaran agama online, dan interaksi antar komunitas di media sosial menunjukkan bahwa meskipun dunia digital menawarkan peluang baru untuk penyebaran dan pemahaman agama, terdapat juga tantangan terkait otoritas spiritual, autentisitas praktik, dan isu-isu etika. Sehingga pengaruh dari evolusi Media dan Ibadah Virtual dalam Identitas Spiritual di Tengah Keberagaman dan Pluralisme. Memainkan peran penting etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Praktik Keberagamaan Digital sehingga pluralisme dan Toleransi dalam Keberagamaan Digital harus terus diaktualisasikanuntuk menghadapi tantangan beragama di era posmodern.

Keywords


Postmodernism, Religion, Digital world, Spiritual dynamics, Religious practice; Posmodernisme, Keberagamaan, Dunia digital, Dinamika spiritual, Praktik keberagamaan

References


Abramson, A. “Millennials, Baby Boomers or Gen Z: Which One Are You and What Does It Mean?” Bbc.Bitesize. Last modified 2023. https://www.bbc.co.uk/bitesize/articles/zf8j92p.

Ahdiat, Adi. “Gaji Guru Di Indonesia Sangat Kecil Dibanding Negara Tetangga.” Katadata Media Network. Last modified 2023. https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/302576b241f4eef/gaji-guru-di-indonesia-sangat-kecil-dibanding-negara-tetangga.

Annur, Cindy Mutia. “Tingkat Pengangguran Indonesia Tertinggi Ke-2 Di ASEAN.” Katadata Media Network. Last modified 2023. https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/29d550c59df3c0f/tingkat-pengangguran-indonesia-tertinggi-ke-2-di-asean.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI 6, no. 2 (2021): 362–387.

Darman, Regina Ade. “Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika 3, no. 2 (2017): 73–87.

Efendi, M Arif. “Guru Pendidikan Agama Kristen Masih Kurang, Ini Upaya Kemenag.” Kementerian Agama RI. Last modified 2021. https://kemenag.go.id/nasional/guru-pendidikan-agama-kristen-masih-kurang-ini-upaya-kemenag-wj51qk.

Irawan, Handi, and Cemara A. Putra. “Gereja Sudah Tidak Menarik Bagi Kaum Muda,” 2020. https://www.bilanganresearch.com/artikel/gereja-sudah-tidak-menarik.

Kusnandar, B. “Proporsi Penduduk Indonesia Menurut Jenjang Pendidikan. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).” Kemendagri. https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Norma. “Rendahnya Kesejahteraan Guru, Menurunkan Minat Generasi Muda Untuk Menjadi Guru?” Kompasiana. Last modified 2023. https://www.kompasiana.com/norma12711/63fd8c99f22cdd37ca4c05e4/rendahnya-kesejahteraan-guru-menurunkan-minat-generasi-muda-untuk-menjadi-guru?page=2&page_images=1.

Nua, Faustinus. “Skor PISA Diprediksi Tak Naik, Nadiem Minta Maaf.” Mediaindonesia.Com. Last modified 2023. https://mediaindonesia.com/humaniora/553228/skor-pisa-diprediksi-tak-naik-nadiem-minta-maaf.

PATTISINA, EDNA CAROLINE. “Jumlah Guru Agama Kristen Sangat Kurang.” Kompas.Id. Last modified 2022. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/10/07/jumlah-guru-agama-kristen-sangat-kurang.

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu. “Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 93–107.

Sadya, Sarnita. “Rata-Rata Lama Sekolah Di Indonesia Capai 8,69 Tahun Pada 2022.” Dataindonesia.Id. Last modified 2022. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/ratarata-lama-sekolah-di-indonesia-capai-869-tahun-pada-2022.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57.

Subroto, Desty Endrawati, Supriandi, Rio Wirawan, and Arief Yanto Rukmana. “Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 07 (2023): 473–480.

Susiani, Ida Rohmah, and Nur Diny Abadiah. “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 2 (2021): 292–298.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Utami, Sri. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:518–527, 2019.

Viani, Neni, and Yonatan Alex Arifianto. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 1–13.

Yulianingsih, Dwiati, and Stefanus Marbun Lumban Gaol. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 100–119.

Yunelia, Intan. “Kemendibkud: Minat Jadi Guru Rendah, ‘Wake Up Call’ Itu.” Medcom.Id. Last modified 2019. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNGjvMpK-kemendibkud-minat-jadi-guru-rendah-wake-up-call-itu.

Zulfikar, Fahri. “Target Pendidikan Indonesia Emas 2045, Pemerintah Bisa Apa?” Detik.Com.Edu. Last modified 2023. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6988709/target-pendidikan-indonesia-emas-2045-pemerintah-bisa-apa.

“Analisis Profil Penduduk Indonesia Mendeskripsikan Peran Penduduk Dalam Pembangunan.” Badan Pusat Statistik (BPS). Last modified 2022. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/06/24/ea52f6a38d3913a5bc557c5f/analisis-profil-penduduk-indonesia.html.

“Visi Indonesia 2045. Kementerian PPN/ Bappenas.” Bappenas. Last modified 2019. www.bappenas.go.id.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v7i1.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats