Pendidikan Kristiani Sebagai Core Value Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi Z
Abstract
Abstrak
Generasi Z dengan keunikannya sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua dalam mendampingi mereka. Generasi Z dalam masa transisi dan konteks digital yang berlimpah media informasi dan komunikasi seringkali membuat mereka terbawa arus negatif. Oleh sebab itu dibutuhkan peran pendidikan kristiani yang dapat mengarahkan generasi Z ke nilai-nilai kristiani dan anak remaja generasi Z memiliki karakter yang positif, membentuk karakter yang kuat, remaja akan memiliki kemampuan untuk membedakan antara tindakan yang baik dan buruk, memungkinkannya untuk membuat keputusan yang tepat dalam setiap situasi dan terlebih karakterNya sama seperti teladan Kristus. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang relevan. Hasil dari penelitian ini yaitu: memberikan solusi agar remaja generasi Z kuat menghadapi tantangan duniawi serta iman percaya mereka tidak goyah, memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai pendidikan kristen, memhami konsep pembentukan karakter remaja generasi Z dan PAK sebagai Core Value Dalam membentuk karakter anak remaja Generasi Z. rekomendasi tulisan ini ialah sikap orang tua dan pendidik kristen di sekolah dalam mendampingi generasi Z.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Sudrajat. A Sudrajat, “Mengapa Pendidikan Karakter?,” Pendidikan Karakter 2 (2011): 27, n.d.
Ahmad, Amar. “Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial.” Avant Garde 8, no. 2 (2020): 134. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158.
Aulady, Fakhris, and Sugeng Harianto. “Pertukaran Sosial Dalam Hubungan Pertemanan Remaja Desa Winong Melalui Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 8, no. 2 (2022): 220–28. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i2.54926.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212.
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.
Fatimah, Siti, and Febilla Antika Nuraninda. “Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 3705–11.
Fronika, Winda. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja.” Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang., 2019, 1–15.
Gani, Alcianno G. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja.” Jurnal Mitra Manajemen 7, no. 2 (2020): 32–42.
Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” Kurios 2, no. 1 (2018): 62. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.22.
Keriapy, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.
Kristyowati, Yuli. “Generasi ‘Z’ Dan Strategi Melayaninya.” Ambassador: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 2.
Meilinda, Nuly, Febrimarani Malinda, and Sari Mutiara Aisyah. “Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas).” Jurnal Abdimas Mandiri 4, no. 1 (2020): 62–69. https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047.
Mustomi, Dede, and Aprilia Puspasari. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” CERMIN: Jurnal Penelitian 4, no. 1 (2020): 133. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.496.
Orangtua, Peran, Dan Guru, Pendidikan Agama, Kristen Dalam, Membentuk Karakter Kerohanian, Peserta Didik, Marampa Stt, and Arastamar Wamena. “SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen| 100.” Copyright© 2, no. 2 (2021): 100–115.
Parinduri, Muhammad Abrar. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektik Budaya Batak Toba.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya 22, no. 3 (2020): 257–69. https://doi.org/10.14203/jmb.v22i3.1075.
Purba, A S. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Pondok Daud 1, no. 1 (2020): 29–52.
Putnarubun, Adolfina, Wehelmina Carolina Rengrengulu, and Yeheskiel Suruan. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” EIRENE Jurnal Ilmiah Teologi 7, no. 2 (2022): 519–42. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57.
roy damanik. “Pendidikan Media Sosial Bagi Remaja.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 3, no. 1 (2022): 147–58.
Sari, Ayu Permata, Asmidir Ilyas, and Ifdil Ifdil. “Tingkat Kecanduan Internet Pada Remaja Awal.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 3, no. 2 (2017): 110–17. https://doi.org/10.29210/02018190.
Soesanto, Edy. “PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DIGITAL” 2, no. 2 (2024): 274–84.
Talika, Febi Trafena. “Manfaat Internet Sebagai Media Komunikasi Bagi Remaja Di Desa Air Mangga Kecamatan Laiwui Kabupaten Halmahera Selatan.” E-Journal 5, no. 1 (2016): 1–6.
Toding, Nurmaliel, Yumita Selvi, Rombe Payung, Seprina Pilo, and Asriani Ra’pean. “Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Generasi Z.” Adiba: Journal of Education 3, no. 4 (2023): 510–19.
Widianing, Oda Judithia. “Pendidikan Kristen Di Sekolah: Sebuah Tugas Ilahi Dalam Memuridkan Jiwa.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018): 78–89. https://doi.org/10.38189/jtbh.v1i1.6.
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats