Strategi Membangun Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen: Sebuah Studi Persepsi Dosen STT Bethel Indonesia, Jakarta

Jannes Eduard Sirait

Abstract


This research is intended to find and describe appropriate and relevant strategies and follow appropriate principles in building the integrity of Christian religious teachers as teachers and heralds of the Kingdom of God. This research began with the erosion of teacher integrity in their professional duties. So, the main research problem is the decline in the integrity of Christian religious teachers in carrying out their work. The research uses literature data and field data. This research is qualitative-phenomenological. Data collection techniques were carried out through semi-structured interviews with predetermined research informants. They are the people who are considered the most knowledgeable and have the most information about teacher integrity. The research conclusion is that Christian religious teachers must consistently develop self-integrity and be sustainable. Increasing self-integrity can be achieved with five strategies, namely: understanding the urgency and importance of building the self-integrity of Christian religious teachers, following and establishing rules for building self-integrity, having the essential capital or ability to build personal integrity, and continuously increasing knowledge of hard skills and soft skills so that they are experts in their scientific competencies, building networks with people in the same profession is necessary.



Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan dan menguraikan strategi-strategi yang tepat dan relavan serta mengikuti kaidah-kaidah yang tepat dalam membangun integritas dari guru agama Kristen sebagai pengajar dan pewarta Kerajaan Allah. Penelitian ini berawal dari fenomena terjadinya erosi integritas guru dalam tugas profesi. Jadi, masalah utama penelitian adalah tentang kemerosotan integritas guru agama Kristen dalam melakukan pekerjaan. Penelitian menggunakan data-data literatur dan data lapangan. Penelitian ini adalah kualitatif-fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan model semiterstruktur kepada informan-informan penelitian yang sudah ditentukan. Mereka adalah orang-orang yang dianggap paling paham dan memiliki banyak informasi seputar integritas guru. Kesimpulan penelitian bahwa guru agama Kristen harus konsisten mengembangkan integritas diri dan berkelanjutan. Peningkatan self-integrity dapat dilakukan dengan lima strategi, yaitu: memahami urgensi dan kepentingan membangun integritas diri guru agama Kristen, mengikuti dan menetapkan kaidah-kaidah dalam membangun integritas diri, memiliki modal pokok atau kemampuan dalam membangun integritas diri, meningkatkan pengetahuan hard skill dan soft skill secara kontinyu sehingga ahli dalam kompetensi keilmuannya, dan membangun jejaring dengan orang-orang yang seprofesi.

Keywords


Bethel Theological College of Indonesia; Christian religious education teacher; self-integrity; guru pendidikan agama Kristen; integritas diri; STT Bethel Indonesia

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

Kadir, Abdul. “Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure Dengan Pendekatan Scientific Pada Mgmp Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2017” 14, no. 1 (2018): 1–19.

Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–61. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60.

Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–24. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619.

Putra, Yudha Adi. Revolusi Mental Mewujudkan Generasi Yang Gotong Royong, Bekerja Keras Dan Berintegritas. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2023.

Putri, Yunitalia Sugiono, and Brillian Rosy. “Pengembangan Kemampuan Interaktif Dan Reaktif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Sosiodrama.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 2 (2020): 273–84. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p273-284.

Rosita, Windi Rahmawati, Masduki Asbari, and Yoyok Cahyono. “Nilai Moral Dan Etika: Perspektif Emile Durkheim.” Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan 01, no. 02 (2023): 13–16. https://literaksi.org/index.php/jmp/article/view/10/9.

Sirait, J E. “Barometer Kepribadian Kepemimpinan Guru Agama Kristen Di Era Disrupsi.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 48–63. https://e-journal.stakterunabhakti.ac.id/index.php/teruna/article/view/130.

Sirait, Jannes Eduard. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.” Diegesis : Jurnal Teologi 6, no. 1 (February 27, 2021): 49–69. https://doi.org/10.46933/DGS.VOL6I149-69.

———. “Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Agama Kristen Di Indonesia.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2021).

———. “Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Agama Kristen Di Indonesia.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 43–58. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.74.

———. “Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif Dan Menarik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 33–62. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/2.

Sirait, Purim Marbun & Jannes Eduard. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.

Sumardjoko, Bambang. Membangun Budaya Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Susanto, Nanang Hasan, and Cindy Lestari. “Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David Mcclelland.” Lembaran Ilmu Kependidikan 47, no. 1 (2018): 30–39.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Yantika, Yuli, Toni Herlambang, and Yusron Rozzaid. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Etos Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pemkab Bondowoso).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4, no. 2 (2018): 174. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1760.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats