Strategi Membangun Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen: Sebuah Studi Persepsi Dosen STT Bethel Indonesia, Jakarta
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan dan menguraikan strategi-strategi yang tepat dan relavan serta mengikuti kaidah-kaidah yang tepat dalam membangun integritas dari guru agama Kristen sebagai pengajar dan pewarta Kerajaan Allah. Penelitian ini berawal dari fenomena terjadinya erosi integritas guru dalam tugas profesi. Jadi, masalah utama penelitian adalah tentang kemerosotan integritas guru agama Kristen dalam melakukan pekerjaan. Penelitian menggunakan data-data literatur dan data lapangan. Penelitian ini adalah kualitatif-fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan model semiterstruktur kepada informan-informan penelitian yang sudah ditentukan. Mereka adalah orang-orang yang dianggap paling paham dan memiliki banyak informasi seputar integritas guru. Kesimpulan penelitian bahwa guru agama Kristen harus konsisten mengembangkan integritas diri dan berkelanjutan. Peningkatan self-integrity dapat dilakukan dengan lima strategi, yaitu: memahami urgensi dan kepentingan membangun integritas diri guru agama Kristen, mengikuti dan menetapkan kaidah-kaidah dalam membangun integritas diri, memiliki modal pokok atau kemampuan dalam membangun integritas diri, meningkatkan pengetahuan hard skill dan soft skill secara kontinyu sehingga ahli dalam kompetensi keilmuannya, dan membangun jejaring dengan orang-orang yang seprofesi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.
Kadir, Abdul. “Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure Dengan Pendekatan Scientific Pada Mgmp Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2017” 14, no. 1 (2018): 1–19.
Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–61. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.60.
Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–24. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.619.
Putra, Yudha Adi. Revolusi Mental Mewujudkan Generasi Yang Gotong Royong, Bekerja Keras Dan Berintegritas. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2023.
Putri, Yunitalia Sugiono, and Brillian Rosy. “Pengembangan Kemampuan Interaktif Dan Reaktif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Sosiodrama.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 2 (2020): 273–84. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p273-284.
Rosita, Windi Rahmawati, Masduki Asbari, and Yoyok Cahyono. “Nilai Moral Dan Etika: Perspektif Emile Durkheim.” Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan 01, no. 02 (2023): 13–16. https://literaksi.org/index.php/jmp/article/view/10/9.
Sirait, J E. “Barometer Kepribadian Kepemimpinan Guru Agama Kristen Di Era Disrupsi.” Jurnal Teruna Bhakti 5, no. 1 (2022): 48–63. https://e-journal.stakterunabhakti.ac.id/index.php/teruna/article/view/130.
Sirait, Jannes Eduard. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.” Diegesis : Jurnal Teologi 6, no. 1 (February 27, 2021): 49–69. https://doi.org/10.46933/DGS.VOL6I149-69.
———. “Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Agama Kristen Di Indonesia.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2021).
———. “Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Agama Kristen Di Indonesia.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 43–58. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.74.
———. “Pendidik Kristen Profesional, Inspiratif Dan Menarik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 33–62. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/2.
Sirait, Purim Marbun & Jannes Eduard. Guru Profesional, Inspiratif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Andi Offset, 2022.
Sumardjoko, Bambang. Membangun Budaya Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Susanto, Nanang Hasan, and Cindy Lestari. “Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David Mcclelland.” Lembaran Ilmu Kependidikan 47, no. 1 (2018): 30–39.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Yantika, Yuli, Toni Herlambang, and Yusron Rozzaid. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Etos Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pemkab Bondowoso).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 4, no. 2 (2018): 174. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1760.
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats