Generasi Berkarakter sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Membangun Kedisiplinan dan Takut Akan Tuhan pada Anak Melalui Pendidikan Kristiani

Joel Elroy Pasaribu

Abstract


Values and norms: Discipline and a God-fearing life are two essential characteristics that children must have from an early age. Christian education plays a vital role in fostering character. Using a descriptive qualitative method, it can be concluded that forming the next generation with character is to build discipline and live in fear of God in children through Christian education. What must be done is that Christian educators understand the principles and nature of discipline and fear of God as the basis of character in Biblical values. So that the Church and family can be actualized in Christian education to educate children, by prioritizing Biblical values in education, the next generation can grow into individuals with moral integrity, obedience to God, and service to others. Thus, Christian education has great potential to foster disciplined and God-fearing characters in children. By applying the right strategies and implementation, schools and parents can help children become moral and responsible and have a strong relationship with God.


Abstrak
Nilai dan norma Kedisiplinan dan hidup takut akan Tuhan merupakan dua karakter penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini. Pendidikan Kristen memainkan peran vital dalam menumbuhkan karakter. Mengunakan metode kualitatif deskritif makadapat disimpulkan bahwa membentuk generasi penerus yang memiliki karakter hal itu untuk membangun kedisiplinan dan hidup dalam takut akan Tuhan pada anak melalui pendidikan Kristen. Yang harus dilakukan haruslah para pendidik Kristen mampu memahami prinsip dan hakikat Kedisipilinan dan Takut akan Tuhan yang sebagai dasar dari Karakter dalam nilai Alkitabiah. Sehingga hal itu dapat menjadi aktualisasi Gereja dan keluarga dalam Pendidikan Kristen Untuk mendidik anak. Seba dengan memprioritaskan nilai-nilai Alkitabiah dalam pendidikan, generasi penerus dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki integritas moral, ketaatan kepada Tuhan, dan pelayanan kepada sesama. Maka diperlukan pendidikan Kristen memiliki potensi besar untuk menumbuhkan karakter disiplin dan takut akan Tuhan pada anak. Dengan menerapkan strategi dan implementasi yang tepat, sekolah dan orang tua dapat membantu anak untuk menjadi individu yang bermoral, bertanggung jawab, dan memiliki hubungan yang kuat dengan Tuhan.

Keywords


Christian education; Christian character; Christian education values; fear of God; pendidikan kristiani; karakter kristiani; takut akan Tuhan; nilai-nilai pendidikan kristiani

Full Text:

PDF

References


Agata, Bulanda, Mariani Barus, and Yonatan Alex Arifianto. “Pendidikan Kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 115–28. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i2.150.

Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (October 2020): 76–91. https://doi.org/10.46305/IM.V1I2.18.

Ekaningtyas, Ni Luh Drajati. “Psikologi Dalam Dunia Pendidikan.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 01 (2022): 29–38. https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.526.

Elga Yanuardianto, and Fathorrahman. “Proses Pembentukan Nilai Karakter Anak Di Yayasan Panti Asuhan Dinas Sosial Kabupaten Situbondo.” Nusantara Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2022): 154–68. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.154-168.

Hamriana, Hamriana Ana. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 2 (2021). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095.

Indrastoeti, Jenny. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar.” Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 2016.

———. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 2016, 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php.

Joko Pranowo, Dwiyanto. “Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerja Sama Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran.” Jurnal Pendidikan Karakter, 2013. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1442.

Maelasari, Neneng. “Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Nilai Profetik Pada Musim Pandemi.” METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 14, no. 2 (2021): 68–79. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.727.

Metboki, Rianto Junedi A. “Peranan Orangtua Kristen Dalam Membentuk Karakter Anak.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 55–63. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v1i2.7.

Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2019): 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.

Nikolaos, Nikolaos, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2023): 42–52. https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.26.

Pello, S. Henderina A., Philipus Sunardi, and Junius Nayoan. “Peran Gereja Dalam Pembangunan Karakter Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Membangun Bangsa.” PROSIDING PELITA BANGSA, 2021. https://doi.org/10.30995/ppb.v1i2.515.

Prianto, Robi, Hesron Yuswanto, and Yohanes Hasiholan Tampubolon. “‘Takut Akan Tuhan’ Sebagai Dasar Pertumbuhan Spiritualitas Remaja Kristen.” Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 12, no. 1 (2022): 49–66. https://doi.org/10.51828/td.v12i1.242.

Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 101–12. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.152.

Rofiatun, Rofiatun, Kurotul Aeni, and Hartono Hartono. “Peranan Orang Tua Membentuk Kedisiplinan Anak Dalam Mengerjakan Tugas.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4108.

Samrin. “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai).” Jurnal Al-Ta’dib, 2016.

Sari, Raihanah. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM 2, no. 2 (2016): 35–40.

Shohib, Moch., and Moch Mahsun. “Konkretisasi Kultur Pesantren Madura Dalam Pembentukan Karakter Religius Era Disrupsi.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam 18, no. 1 (2021): 1–13. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.4277.

Sinaga, Janes. “Fungsi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Kristen.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2021): 58–73. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i1.65.

Sutiyono, Alhafizh Mahardika, and Abdul Gofur. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Values Clarivication Technic (VCT) Dalam Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal.” Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 2016.

Tangiruru, Veronika. “Peran Gereja Dalam Tugasnya Sebagai Pelayan Allah Dalam Perkembangan Karakter Kristiani Pemuda.” Institut Agama Kristen Negeri Toraja, 2009.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Yanto, Murni. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Suku Anak Dalam Desa Muara Tiku.” Jurnal Perspektif 15, no. 1 (2022): 39–59. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.74.

Yuliana, Niya, M. Dahlan R, and Muhammad Fahri. “Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 12, no. 1 (2020): 15–24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872.

Yuni Sugiarti, Yuni Sugiarti. “Peranan Teknologi Internet Dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak.” Jurnal Teknodik, 2013, 145–54. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.97.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v6i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats