Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Keluarga untuk Mengimplementasikan Sakramen Perjamuan Bersama Anak Berdasarkan Model Backward Design
Abstract
This research is conducted as an effort to design a Christian Religious Education (PAK) Family curriculum specifically developed to implement the sacrament of Communion with children. The sacrament of Communion with children positively impacts parents' awareness of their role in educating their children's faith. In practice, parents are responsible for providing understanding and preparing their children's involvement in the sacrament of Communion. In line with this specific objective, the Backward Design model is considered more appropriate because "expected outcomes" are the first step that is carefully considered in the design process. Using qualitative research methods and a literature review approach, this study produces a more relevant PAK Family curriculum design that addresses specific needs, particularly about the implementation of understanding the sacrament of Communion with children.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya mendesain kurikulum Pendidikan Agama Kristen (PAK) Keluarga yang secara khusus dikembangkan untuk mengimplementasikan sakramen Perjamuan bersama anak. Sakramen Perjamuan bersama anak berdampak positif terhadap kesadaran peran orang tua dalam pendidikan iman anak-anaknya. Dalam praksisnya, orang tua bertanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan mempersiapkan keterlibatan anak-anak mereka dalam sakramen Perjamuan. Sesuai dengan tujuan spesifik ini model Backward Design dipandang lebih sesuai karena dalam proses perancangannya “tujuan yang diharapkan”menjadi tahap pertama yang dipertimbangkan dengan matang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kepustakaan penelitian ini menghasilkan desain kurikulum PAK Keluarga yang lebih relevan, menjawab kebutuhan spesifik yang diharapkan khususnya berkaitan dengan implementasi pemahaman sakramen Perjamuan bersama anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 76–91.
Ells, Vonny. “Urgensi Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 2, no. 1 (2020): 24–41.
Hidayat, Udin Firman, and Imelda Butarbutar. “Pendidikan Agama Kristen Menurut Martin Luther Bagi Anak Yang Memiliki Orang Tua Penyandang Disabilitas Intelektual.” Jurnal Shanan 6, no. 2 (2022): 259–278.
Hidayat, Udin Firman, Budiman Nainggolan, Jimson Sitorus, and Desi Sianipar. “Desain Kurikulum Sekolah Minggu Menurut Model Grassroots Rationale” 5, no. 2 (2022): 269–291.
Kruger, Ferdi P. “Participation in Christ’s Body and His Blood during Celebration of Holy Communion as Illuminated by the Meaningful Lenses of Cognition and Recognition.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 74, no. 2 (2018): 1–11.
Lusikooy, Debby Susan. “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Keluarga Berdasarkan Model Konsep Kurikulum Humanistik Aliran Konfluen Di GPIB Jemaat Dian Kasih Bekasi.” Universitas Kristen Indonesia, 2020.
Martha, Kurniawati. “Penerapan Backward Design Model Dalam Matakuliah Basic Science Untuk Meningkatkan Literasi Guna Membangun Wawasan Kristen Alkitabiah.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 2 (2021): 57–72.
Rachman, Rasid. “Menyorot Perjamuan Kudus Kepada Anak Sebagai Inisiasi Dari Lensa Sosial Budaya.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 8, no. 1 (2022): 55–75.
Rahajeng, Lusia, Sanga Harapan, Mersy Karlin, Steven Ketti, and Universitas Kristen Indonesia. “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Lansia Menggunakan Society Centered Design” 6, no. 1 (2022): 1–24.
Rantung, Djoys Anneke. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh Keluarga Ishak Dalam Perjanjian Lama.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 63–76.
Setiawan, Jimmy. “Yang Terlupakan Dan Terabaikan: Dimensi Eskatologis Perjamuan Kudus.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 12, no. 1 (2011): 1–18.
Sihombing, Herdiana, Elisamark Sitopu, Herowati Sitorus, Roy Charly HP Sipahutar, and Bintahan M. Harianja. “Desain Bahan Pembinaan Suami-Istri Kristen Untuk Ketahanan Keluarga Warga Gereja.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 110–131.
Subakti, Hani, Keren Hapkh Watulingas, Nana Harlina Haruna, and Mesra Wati Ritonga. Inovasi Pembelajaran. Edited by Alex Rikki. 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Widaryanto, Aris. Sakramen Perjamuan Bagi Anak-Anak: Telaah Atas Keikutsertaan Anak-Anak Dalam Sakramen Perjamuan. 1st ed. Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 2012.
Widiasih, Ester Pudjo. “Mencintai Liturgi Kehidupan: Dipersatukan Di Meja Perjamuan Tuhan.” In Sakramen Perjamuan Bersama Anak-Anak, edited by Hizkia Fredo Valerian, 80–86. 1st ed. Salatiga: Sinode GKJ, 2019.
Wiggins, Grant, and Jay McTighe. Understanding by Design (Expanded 2nd Ed.). Association for Supervision and Curriculum Development, 2005.
Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 249–266.
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v5i2.163
Refbacks
Copyright (c) 2023 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats