Kompetensi Sosial Guru PAK di Era Revolusi Industri 4.0 dan Implikasinya bagi Perkembangan Karakter Peserta Didik
Abstract
The Fourth Industrial Revolution, 4IR is characterized by an acceleration in the use of technology, the internet of things that enters the social system brings both positive and negative impacts. Brings constructive impact to the prepared and adapted and is otherwise very destructive in the existing social system. In particular, there is a moral degradation of character in learners that Christian Religious Education must responsively and professionally deal with. This research was conducted using a descriptive-analytical method, which seeks to describe the social competence of Christian Religious Education teachers in the context of Industry 4.0 and its implications for the development of student character. It was found that in facing learning challenges in the era of Industry 4.0, especially in the holistic character development of students of Christian Religious Education must be adaptive and accommodating. In a social approach, Christian Religious teachers communicate interactive and communicative learning, which empowers students in a participatory manner and builds strong relationships based on the love of Christ.
Abstrak
Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan percepatan dalam penggunaan teknologi, internet of things yang masuk dalam sistem sosial membawa dampak positif dan negatif. Membawa dampak konstruktif bagi yang siap dan beradaptasi dan sebaliknya sangat destruktif dalam sistem sosial yang ada. Secara khusus, terjadinya degradasi moral karakter dalam diri peserta didik yang PAK harus dengan responsif dan profesional menghadapinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif-analitis, yang berusaha menggambarkan kompetensi sosial guru PAK dalam konteks revolusi industri 4.0 dan implikasinya bagi perkembangan karakter peserta didik. Ditemukan bahwa dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era revolusi industri 4.0, khususnya dalam perkembangan karakter peserta didik yang holistik PAK harus adaptif dan akomodatif. Dalam pendekatan sosial, guru PAK mengkomunikasikan pembelajaran secara interaktif dan komunikatif, yang di dalamnya memberdayakan peserta didik secara partisipatif serta membangun hubungan relasi yang kuat, yang didasari oleh kasih Kristus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astika, Made, and Selvianty Sari Bunga. “Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (2016): 63–76.
Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2017): 315–330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500.
Creswell, John W. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Vol. 3, 2013.
Ghufron, Ghufron. “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan.” In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018. Vol. 1, 2018.
Groome, Thomas. H. Christian Religious Education: Sharing Our Story and Vision. San Fransisco: Harper & Row Publisher, 1980.
Gule, Yosefo. “Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 1 (2021): 89–104.
Hasugian, Johanes Waldes. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.
Hasugian, Johanes Waldes, Agusthina Christina Kakiay, Novita Loma Sahertian, and Febby Nancy Patty. “Panggilan Untuk Merekonstruksi Strategi Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Dan Inovatif.” Jurnal Shanan 6, no. 1 (2022): 45–70.
Hendayani, Meti. “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 7, no. 2 (2019): 183–198.
Lase, Delipiter. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 12, no. 2 (2019): 28–43.
Lestari, Yovi Anggi, and Margaretha Purwanti. “Hubungan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, Dan Kepribadian Pada Guru Sekolah Nonformal X.” Jurnal kependidikan 2, no. 1 (2018): 197–208.
Meinanto, Dwi, Bobby Kurnia Putrawan, and Amran Simangunsong. “Degradasi Moral Generasi Z: Suatu Tinjauan Etis Teologis Terhadap Penggunaan Internet.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022).
Nababan, Andrianus. “Hubungan Keterampilan Mengajar Dan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 2 Siborong-Borong.” JURNAL PIONIR 6, no. 1 (2020).
Nastiti, Faulinda Ely, and Aghni Rizqi Nimal Abdu. “Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Edcomtech 5, no. 1 (2020): 61–66.
Nuhamara, Daniel. “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 93–114.
Palunga, Rina, and Marzuki Marzuki. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman.” Jurnal Pendidikan Karakter 7, no. 1 (2017).
Prasetyo, Banu, and Umi Trisyanti. “Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial.” IPTEK Journal of Proceedings Series, no. 5 (2018): 22–27.
Purnami Dewi, Luh Ayu. “Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Dan Tumbuh Kembang Anak.” Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2019): 83.
Rondo, Pricylia Elviera, and Valentino Reykliv Mokalu. “PENGARUH GAYA Kepemimpinan Kristiani Kepala Sekolah, Kualitas Kerohanian Guru, Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smk Kristen Kawangkoan.” Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12, No. 2 (2021): 267–283.
Setianingsih, S. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas.” Gaster 16, no. 2 (2018): 191.
Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.
Sinambela, Pardomuan N J M. “Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Generasi Kampus 6, no. 2 (2017). https://artikel.sabda.org/node/689.
Situmeang, Diana Martiani. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAK Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon.” JURNAL PIONIR 6, no. 1 (2020).
Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (2011).
Sunanto. “Menjadi Serupa Seperti Karakter Kristus.” Accessed January 28, 2022. https://artikel.sabda.org/node/689.
Syifa, Layyinatus, Eka Sari Setianingsih, and Joko Sulianto. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 538.
Widiyanto, Mikha Agus, and Andreas Fernando. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa.” Davar: Jurnal Teologi 1, no. 1 (2020): 65–73.
Witarsa, R, R S M Hadi, N Nurhananik, and N R Haerani. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.” … Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar … (2018): 9–20.
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v5i1.146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats