Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Menanamkan Sikap Inklusif Generasi Z

Ribka Rahelni Putri, Indraldo Undras, Elieser R. Marampa, Yoel Triyanto

Abstract


Radicalism is an ideology that causes an individual to have an extreme mindset in claiming the single truth of the religion he adheres to and using violence to spread it. This makes radicalism a significant threat, especially for Generation Z, because it can form highly radical groups that threaten the peace of society and bring division in a pluralistic society so the author, who works as a PAK teacher, is trying to prevent this radicalism from spreading to generation Z, predominantly Christian students. So, the author began to instill an attitude of inclusivism in PAK learning to prevent the entry of radicalism in the current generation Z. So this research aims to analyze the extent to which instilling an attitude of inclusivism can be used to prevent radicalism from entering Generation Z. So the author uses a descriptive qualitative research approach with a literature study method to analyze the extent to which instilling an attitude of inclusivism can be applied to PAK learning to prevent radicalism in generation Z. The results of this study show that it is important to instill an attitude of inclusivism in Generation Z through one, Teaching students always to love everyone and two, Teaching students an attitude of tolerance. Thus, an inclusive attitude helps students appreciate and respect each religious teaching in a pluralistic society.



Abstrak
Radikalisme merupakan paham yang membuat seorang individu memiliki pola pikir ekstrim dalam mengklaim kebenaran tunggal agama yang dianutnya dan dalam penyebarannya menggunakan kekerasan. Hal ini membuat radikalisme menjadi ancaman besar khususnya bagi generasi Z karena dapat membentuk kelompok radikal ekstrim yang mengancam kedamaian masyarakat serta membawa perpecahan dalam masyarakat majemuk maka penulis yang berprofesi sebagai guru PAK mengupayakan pencegahan paham radikalisme ini agar tidak menyebar pada generasi Z terkhusus siswa Kristen. Maka penulis mulai menanamkan sikap inklusivisme pada pembelajaran PAK untuk mencegah masuknya paham radikalisme di dalam diri generasi Z sekarang. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana penanaman sikap inklusivisme dapat digunakan dalam mencegah radikalisme masuk pada diri generasi Z. Maka penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka untuk menganalisis sejauh mana penerapan penanaman sikap inklusivisme ini dapat diterapkan pada pembelajaran PAK untuk mencegah radikalisme pada generasi Z. Adapun hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pentingnya menanamkan sikap inklusivisme pada generasi Z melalui: Satu, Mengajarkan peserta didik untuk selalu mengasihi semua orang, dan dua, mengajarkan peserta didik sikap toleransi. Dengan demikian sikap inklusivisme bermanfaat untuk membantu peserta didik dalam menghargai dan menghormati setiap ajaran agama yang berbeda di tengah masyarakat majemuk.

Keywords


Christian religious education; inclusivism; Generation Z; Generasi Z; guru PAK; inklusivisme

Full Text:

PDF

References


Azizah Savira. “Kenali 7 Ciri-Ciri Gen Z, Apakah Kamu Termasuk?” liputan6.com. Last modified November 7, 2022. Accessed April 27, 2023. https://www.liputan6.com/citizen6/read/5118789/kenali-7-ciri-ciri-gen-z-apakah-kamu-termasuk.

Boiliu, Fredik Melkias, Noh Ibrahim Boiliu, and Esther Rela Intarti. “Pendidikan Agama Kristen Antisipatif Radikalisme Dalam Beragama Di Indonesia.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2019): 124–136.

Dallin H. Oaks. “Mengasihi Sesama dan Hidup dengan Perbedaan.” Last modified 2014. Accessed April 30, 2023. https://www.churchofjesuschrist.org/study/ind/general-conference/2014/10/loving-others-and-living-with-differences.

Diyan Nur Rahkmah,. “Gen Z Dominan, Apa Maknanya Bagi Pendidikan Kita?” Last modified 2021. Accessed May 22, 2023. https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita.

Dwi Hadya Jayani. “Proporsi Populasi Generasi Z Dan Milenial Terbesar Di Indonesia | Databoks.” Last modified May 24, 2021. Accessed April 27, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia.

Imandiar, Yudistira. “Ketua MPR Sebut Generasi Z dan Perempuan Rentan Terpapar Radikalisme.” detiknews. Last modified February 17, 2021. Accessed April 28, 2023. https://news.detik.com/berita/d-5377103/ketua-mpr-sebut-generasi-z-dan-perempuan-rentan-terpapar-radikalisme.

Iron Sarira. “Toleransi Dalam Perspektif Inklusivisme, Pluralisme, Dan Multikulturalisme Terhadap Kajian Penyelesaian Konflik.” Business Law. Last modified April 4, 2019. Accessed May 22, 2023. https://business-law.binus.ac.id/2019/04/04/toleransi-dalam-perspektif-inklusivisme-pluralisme-dan-multikulturalisme-terhadap-kajian-penyelesaian-konflik/.

Joan Imanuella Hanna Pangemanan. “Radikalisme Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Solusi.” Last modified October 20, 2022. Accessed March 20, 2023. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/531176/radikalisme-adalah-pengertian-ciri-ciri-dan-solusi.

Joswanto, Andreas, Yonatan Alex Arifianto, and Simon Simon. "Membangun Toleransi dan Bela

Negara sebagai Sikap Etis Teologis." Jurnal Teologi Gracia Deo 5, no. 1 (2022): 152-161.

Langi, Elsjani A., Yonatan Alex Arifianto, and Saturnina Elisa. "Peran Pendidikan Agama Kristen

Terhadap Nilai Toleransi." REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 3, no. 1

(2023): 63-73.

Luqman Hakim. “BNPT: Generasi Z Dan Milenial Rentan Terpapar Radikalisme.” Antara News. Last modified September 30, 2022. Accessed April 26, 2023. https://www.antaranews.com/berita/3150245/bnpt-generasi-z-dan-milenial-rentan-terpapar-radikalisme.

M Arif Efendi. “Menag dan Pendeta Gilbert Diskusi Pentingnya Dialog Keagamaan.” https://kemenag.go.id. Last modified September 15, 2021. Accessed May 22, 2023. https://kemenag.go.id/nasional/menag-dan-pendeta-gilbert-diskusi-pentingnya-dialog-keagamaan-odzff3.

Masirry. “Mempertanyakan Eksklusivisme-Inklusivisme-Pluralisme dalam Beragama.” GEOTIMES. Last modified May 20, 2016. Accessed May 22, 2023. https://geotimes.id/kolom/mempertanyakan-eksklusivisme-inklusivisme-pluralisme-dalam-beragama/.

MASRIADI. “Faktor Penyebab Masalah Keberagaman Halaman all.” KOMPAS.com. Last modified February 19, 2020. Accessed March 21, 2023. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/19/190000569/faktor-penyebab-masalah-keberagaman.

Media Vanya Karunia Mulia Putri, Kompas Cyber. “Faktor Penyebab Munculnya Radikalisme.” KOMPAS.com. Last modified July 14, 2021. Accessed May 22, 2023. https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/14/120000869/faktor-penyebab-munculnya-radikalisme.

Novi noviprawitasari. “Generasi Z dan Radikalisme Beragama.” GEOTIMES. Last modified April 16, 2021. Accessed May 22, 2023. https://geotimes.id/opini/generasi-z-dan-radikalisme-beragama/.

Pang, Measy Zinsky Imanuela, Sally Ingrid Kailola, and Roy Imbing. “Peran PAK dalam Pencegahan Radikalisme Untuk Mendukung Penguatan Komunitas yang Berkarakter.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 1 (June 14, 2022): 22–39.

Rantung, Djoys Anneke. “Peran PAK Dalam Gereja Untuk Menangkal Radikalisme Dan Fundamentalisme Agama Di Kalangan Generasi Muda.” Jurnal Shanan 2, no. 1 (2019): 1–38.

Rizka Nur Laily M. “Generasi Z Dan Milenial Disebut Rentan Terpapar Radikalisme, Begini Penjelasan BNPT.” Merdeka.Com. Last modified October 1, 2022. Accessed April 27, 2023. https://www.merdeka.com/jateng/generasi-z-dan-milenial-disebut-rentan-terpapar-radikalisme-begini-penjelasan-bnpt.html.

Safir Makki. “BNPT: Wanita Generasi Milenial Rentan Terpapar Radikalisme.” nasional. Last modified February 14, 2021. Accessed May 22, 2023. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210214181525-20-606138/bnpt-wanita-generasi-milenial-rentan-terpapar-radikalisme.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.

Tsuwaybah. “Perspektif Generasi Z terhadap Eksistensi Pancasila.” GEOTIMES. Last modified March 18, 2023. Accessed May 22, 2023. https://geotimes.id/opini/perspektif-generasi-z-terhadap-eksistensi-pancasila/.

Yoto. “Pdt. Yoto: Memahami Agama Orang Lain Tidak Harus Meyakininya.” Last modified June 27, 2019. Accessed May 22, 2023. https://kalteng.kemenag.go.id/palangkaraya/berita/501376/Pdt-Yoto-Memahami-Agama-Orang-Lain-Tidak-Harus-Meyakininya.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v6i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats