Barometer Kepribadian Kepemimpinan Guru Agama Kristen di Era Disrupsi

Jannes Eduard Sirait

Abstract


 

The purpose of this study is to analyze, find and set a barometer of the leadership of Christian religious teachers in Indonesia. The main problem in the study: Christian religion teachers do not understand the barometer of Christian religion teachers' leadership and do not realize that they are leaders. There is a tendency that Christian religious teachers only understand themselves as teachers and educators. The next problem is that there is no specific theory regarding the barometer of Christian religious teacher leadership. So, the novelty of this research is the discovery and establishment of a new theory about the barometer of the leadership of Christian religious teachers in Indonesia. This research is a qualitative research that produces narrative data in the form of written words. Observations were made on the literature and other sources of information. The data collection method was observation and discussion with several Christian religious teachers. Then ask for responses from experts and compare them with the opinions of experts in the literature. Then do an in-depth analysis to find answers to research problems. The conclusion of the study is that the teacher leadership borometer includes: having the capacity to lead, being able to analyze situations, having authority, being able to control oneself, being humble, wise and chivalrous. Able to communicate, negotiate and have integrity.


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis, menemukan dan menetapkan barometer kepemimpinan guru agama Kristen di Indonesia. Masalah utama dalam penelitian: guru agama Kristen tidak mengerti barometer kepemimpinan guru agama Kristen dan tidak menyadari bahwa mereka adalah pemimpin. Kecenderungan yang ada bahwa guru agama Kristen hanya memahami dirinya sebagai guru dan pemberi pengajaran. Masalah berikutnya adalah belum ada teori secara khusus mengenai barometer kepemimpinan guru agama Kristen. Maka, kebaruan penelitian ini ialah ditemukan dan ditetapkannya suatu teori baru tentang barometer kepemimpinan guru agama Kristen di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data naratif berupa kata-kata tertulis. Pengamatan dilakukan pada literatur dan sumber informasi lainnya. Metode pengumpulan data adalah observasi dan diskusi dengan beberapa guru agama Kristen. Kemudian meminta tanggapan dari para pakar dan membandingkannya dengan pendapat para pakar dalam literatur. Kemudian melakukan analisis mendalam hingga menemukan jawaban terhadap permasalahan penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa bahwa borometer kepemimpinan guru mencakup: memiliki kapasitas memimpin, mampu meganalisa situasi, memiliki wibawa, mampu mengendalikan diri, rendah hati, bijaksana dan kesatria. Mampu berkomunikasi, melakukan negosiasi dan berintegritas.



Keywords


Barometer; Kepemimpinan; Guru Agama Kristen; Barometer; Leadership; Christian Religion Teacher

Full Text:

PDF

References


Arifin, Antoni Ludfi, and M Takrim. “Integritas Dan Kepemimpinan Milenial: Kasus Pada HR Leader.” Anterior Jurnal 20, no. 3 (2021): 87–96.

Carnegie, Dale. Pemimpin Dalam Diri Anda. Jakarta: Mitra Utama, 2020.

Hairunnisa, Hairunnisa, Irsalinda Wesa Nurrahim, Ahmad Naufal Rifaldi, Muhammad Naufal Al-Hadad, and others. “THE PUBLIC SPEAKING TRAINING ACTIVITIES FOR PROFESSION OF PSYCHOLOGY.” MALLOMO: Journal of Community Service 1, no. 2 (2021): 73–77.

Harefa, Andrias. Berguru Pada Matahari Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Dalam Diri Anda. Jakarta: Gramedia, 2020.

Hocking, David. Rahasia Keberhasilan Seorang Pemimpin. Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Ipiana, Ipiana, and Reni Triposa. “Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Antusias 6, no. 2 (2021): 121–34.

Johan, Muhammad, Gusti Nyoman Budiadnyana, Admiral Admiral, Masduki Asbari, and Dewiana Novitasari. “Kepemimpinan Karismatik Dalam Perspektif Karyawan UMKM: Dari Motivasi Intrinsik Hingga Tacit Knowledge Sharing.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2021): 598–613.

Junetri, Giofany, and Yesaya Adhi Widjaya. “Kepemimpinan Guru Kristen: Sebuah Tinjauan Etika Kristen.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (2020): 198–213. https://doi.org/10.34307/b.v3i2.149.

Kaswan. 45 Soft Skills Kepemimpinan Praktik Untuk Meraih Keunggulan Personal Dan Profesional. Bandung: Pustaka Setia, 2019.

Lay, Agus B. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2021.

Lumban Gaol, Nasib Tua, and Andrianus Nababan. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2019): 89–96. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p89-96.

Palar, Hendrie Joudi, Deitje A Katuuk, Viktory N J Rotty, and Jeffry S J Lengkong. “Keterampilan Kepemimpinan Perguruan Tinggi Pada Abad 21.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 10, no. 1 (2021): 130–36.

Pena, Tim Prima. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gitamedia Press, 2020.

Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.

Raharjo, Farco Siswiyanto. Personal Branding. Yogyakarta: Quadrant, 2020.

Rosita, Rita, and Tatang Muhtar. “Urgensi Pendidikan Karakter: Tantangan Moralitas Dalam Dinamika Kehidupan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6051–60.

Rush, Myron. Pemimpin Baru. Jakarta: Immanuel, 2019.

Salsabiela. Memimpin Itu Ada Seninya. Jakarta: C-Klik Media, 2021.

Sandra, Kusnul Ika. “Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi.” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia 2, no. 3 (2013): 219.

Siagian, Sondang P. Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Sianipar, Desi. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Era Industri 4.0,” 2018, 173.

Sirait, Jannes Eduard. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.” Diegesis : Jurnal Teologi 6, no. 1 (February 27, 2021): 49–69. https://doi.org/10.46933/DGS.VOL6I149-69.

———. “Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Agama Kristen Di Indonesia.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2021).

Stott, John. Isu-Isu Global Menantang Kepemimpinan Kritiani,. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2019.

Susanti, Fitri, Cecep Safa’atul Barkah, and Nurillah Novel. “ANALISIS PROSES NEGOSIASI BIAYA PENEBANGAN TANAM TUMBUH DALAM RANGKA PEMBANGUNAN JARINGAN LISTRIK PT HALUAN BERSAMA.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi 23, no. 1 (2021): 103–9.

Sutikno, M. Sorby. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Lombok: Holistica, 2019.

Suwatno, H. Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Telaumbanua, Arozatulo. “Profil Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pemimpin Yang Melayai.” Jurnal Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 48. https://doi.org/10.47131/jtb.v3i1.54.

Tomatala, Yakob. Kepemimpinan Yang Dinamis. Jakarta: YT Leadership Foundation, 2020.

Usman, Husaini. Kepemimpinan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Wiyono, S Teguh, and others. “Pengaruh Public Speaking Pemimpin Terhadap Kinerja Awak Kapal.” Majalah Ilmiah Bahari Jogja 19, no. 2 (2021): 88–99.

Ziglar, Zig. Prestasi Puncak. Jakarta: Binarupa Aksara, 2020.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v5i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats