Mengintegrasikan Nilai-nilai Kristiani dalam Proses Pembelajaran: Upaya Gereja dalam Pendekatan Holistik Mereduksi Radikalisme

Elintaria Pasaribu

Abstract


The research in this article study explores the efforts of churches and Christianity to integrate Christian values in the learning process as a holistic approach to reduce radicalism. Utilizing a holistic approach, the church not only focuses on aspects of religious doctrine but also considers character development and good values and morals. A deep understanding of Christian values and morality by knowing the nature of Christian values so that there is a role for learning as an integration of teachings to be applied by the church in facing its challenges, namely radicalism. Using a qualitative research method with a literature study approach, it can be concluded that the church has implemented the value of Christianity in the context of reducing violent attitudes. Must be aligned with a holistic approach in Christian education. Christian education effectively forms a deeper understanding of Christian values to strengthen self-identity as a person who loves God and others and reduce the potential for radicalism in the community.


Abstrak
Penelitian dalam kajian artiel ini mengeksplorasi upaya gereja dan kekristenan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Kristen dalam proses pembelajaran sebagai pendekatan holistik untuk mereduksi radikalisme. Dengan memanfaatkan pendekatan holistik, gereja tidak hanya fokus pada aspek doktrin agama, tetapi juga mempertimbangkan pengembangan karakter dan nilai serta moral yang baik. Pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai dan moralitas Kristen dengan mengetahui Hakikat Nilai-nilai kristiani, sehingga adanya peran Pembelajaran sebagai Integrasi Ajaran untuk diterapkan gereja dalam menghadapi tantangannya yaitu radikalisme. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literature maka dapat disimpulkana bahwa nilai kekristenan yang telah diimplementasikan oleh gereja dalam konteks mereduksi sikap kekerasan. Harus selaras dengan pendekatan holistik dalam pendidikan Kristen. Dimana pendidikan Kristen efektif dalam membentuk pemahaman yang lebih dalam terhadap nilai-nilai Kristen, sehingga dapat memperkuat identitas diri sebagai seorang yang mengasihi Tuhan dan sesama, serta mengurangi potensi radikalisme di kalangan masyarakat.

Keywords


Christian values; Christian faith learning; holistic approach; reducing radicalism; nilai-nilai kristiani; pembelajaran iman; pendekatan holistik; mereduksi radikalisme

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan, ‘Deskripsi Sejarah Konflik Horizontal Orang Yahudi Dan Samaria’, PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16.1 (2020), 33–39

Arifianto, Yonatan Alex, ‘Peran Gembala Menanamkan Nilai Kerukunan Dalam Masyarakat Majemuk’, Voice Of Hamy Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3.1 (2020), 1–13

Asrori, Ahmad, ‘RADIKALISME DI INDONESIA: Antara Historisitas Dan Antropisitas’, Kalam, 9.2 (2017), 253

Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii, ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak’, IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1.2 (2020), 76–91

Budijanto, Oki Wahju, and Tony Yuri Rahmanto, ‘Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia Di Indonesia’, Jurnal HAM, 12.1 (2021), 57–64

Dalensang, Remelia, and Melky Molle, ‘Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital’, Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5.2 (2021), 255–71

Fanindy, M. Nanda, and Siti Mupida, ‘Pergeseran Literasi Pada Generasi Milenial Akibat Penyebaran Radikalisme Di Media Sosial’, Millah, 20.2 (2021), 195–222

Gea, Leniwan Darmawati, ‘Pendidikan Kristen Dalam Bingkai Multikulturalitas Bangsa Indonesia: Suatu Perspektif Terhadap Amanat Agung Dalam Matius 28:19-20’, Jurnal Teologi Injili, 2021

Hafid, Wahyudin, ‘Geneologi Radikalisme Di Indonesia (Melacak Akar Sejarah Gerakan Radikal)’, Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1.1 (2020), 31–42

Hastangka, Hastangka, and Muhammad Ma’ruf, ‘Metode Pancasila Dalam Menangkal Radikalisme’, Jurnal Kewarganegaraan, 18.2 (2021), 115

Hergianasari, Putri, ‘Konsep Deradikalisasi Pada Pendidikan Berbasis Pembelajaran Terpadu’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9.3 (2019), 239–44

Huda, Ulul, Tenang Haryanto, and Budiman Setyo Haryanto, ‘Strategi Penanggulangan Radikalisme Di Perguruan Tinggi Kabupaten Banyumas’, An-Nidzam, 5.1 (2018), 541–52

Julianus, Julianus, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, Shintike Maya, Fransiskus Irwan Widjaja, and Talizaro Tafonao, ‘Kepemimpinan Keluarga Sebagai Wadah Dalam Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan Berdasarkan Nilai-Nilai Kristen’, EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3.1 (2022), 31–45

Kusmanto, Thohir Yuli, Moh. Fauzi, and M. Mukhsin Jamil, ‘Dialektika Radikalisme Dan Anti Radikalisme Di Pesantren’, Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 23.1 (2015), 27

Laisa, Emna, ‘Islam Dan Radikalisme’, Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1.1 (2014)

Munthe, Bangun, ‘Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Guru PAK Terhadap Peningkatan Nilai Afektif Siswa Kasus: SMP Negeri 1 Pematangsiantar’, JDP, 10.3 (2017), 274–303

Ndraha, Nova Anggreani, and Wiyun Philipus Tangkin, ‘Guru Sebagai Inovator Dalam Penanaman Nilai Moral Siswa Berdasarkan Pandangan Kristiani Di Era Digital’, Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 5.1 (2021), 71–86

Safaat, Saat, ‘Pembentukan Karakter Secara Holistik’, Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 3.1 (2019), 27–34

Saputra, Tjendanawangi, ‘Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 6.1 (2022), 55–72

Satriawan, Iwan, Muhammad Nur Islami, and Tanto Lailam, ‘Pencegahan Gerakan Radikalisme Melalui Penanaman Ideologi Pancasila Dan Budaya Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas’, Jurnal Surya Masyarakat, 2019

Simamora, Nenny Natalina, ‘Hakikat Dan Tujuan Sekolah Kristen’, TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 4.1 (2021), 1–23

Simon, Simon, and Yonatan Alex Arifianto, ‘Kerukunan Umat Beragama Dalam Bingkai Iman Kristen Di Era Disrupsi’, JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 1.1 (2021), 35–43

Sitepu, Benyamin, ‘Penerapan Materi Pendidikan Agama Kristen Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013 Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Teologi Pondok Daud, 6.1 (2020), 71–78

Tafonao, Talizaro, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, and Agiana Her Visnhu Ditakristi, ‘Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.5 (2022), 4847–59

Tangirerung, Johana R, ‘Peningkatan Pemahaman Pluralisme Agama Dalam Rangka Mereduksi Radikalisme’, KINAA: Jurnal Teologi, 3.2 (2018), 1–7

Telaumbanua, Sozanolo, and Desi Sianipar, ‘Patriotisme Kristen’, Jurnal Shanan, 5.1 (2021), 61–78

TriWaluyo, Satria Budi, ‘Pengaruh Pemahaman Nilai-Nila Pendidikan Agama Kristen Orang Tua Terhadap Prilaku Anak SD Negeri 3 Sitiarjo’, DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2.1 (2020), 10–16

Umrati, and Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan (Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020)

Zega, Y K, ‘Radikalisme Agama Dalam Perspektif Alkitab Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen’, Jurnal Shanan, 4.1 (2020), 1–20




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v6i2.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats