Strategi Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Eudia Anggelia Ika Agustin

Abstract


Education that is increasingly advanced today, strongly supports the industrial revolution 4.0 which collaborates technology with today's education systems. The use of Zoom Meetings as a learning tool should be an important new part to be understood by various groups because it has the aim of facilitating the learning process during the Covid-19 pandemic. The method used in this research is a literature study method using references from online scientific articles and books. It was found that the use of digital media for online learning brings convenience to its users, although there are drawbacks. However,  online learning strategy using digital media remains relevant to be carried out during the Covid-19 period and after, because the rapid development of technology plays an important role in advancing the world of education in the current digital era. 

 

Abstrak

Pendidikan yang semakin maju saat ini, sangat mendukung revolusi industry 4.0 yang mengolaborasikan teknologi dengan system Pendidikan di masa kini. Penggunaan Zoom Meeting sebagai sarana pembelajaran seharusnya menjadi bagian baru yang penting untuk dipahami oleh berbagai kalangan, karena memiliki tujuan untuk memudahkan proses pembelajaran selama pandemic Coivd-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode studi literaturdengan menggunakan rujukan dari artikel ilmiah onilne dan buku-buku. Ditemukan bahwa Pemanfaatan Media Digitaluntuk pembelajaran daring membawa kemudahan bagi para penggunanya, meski ada sisi kelemahannya. Namun, strategi pembelajaran daring dengan memakai Media Digital tetap relevan dilakukan selama masa Coivd-19 dan sesudahnya, karena perkembangan teknologi yang cukup pesat sangat berperan penting dalam memajukan dunia Pendidikan di era digital saat ini.

 

 


Keywords


digital media; learning strategy; online learning; media digital; pembelajaran daring; strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Daheri, Mirzon, Juliana Juliana, Deriwanto Deriwanto, and Ahmad Dibul Amda. “Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (June 29, 2020): 775–783. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/445.

Djamarah, S.B, and Z Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.

Far-Far, Gazali. “Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal Di Sma Negeri 5 Kota Ternate.” PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan 8, no. 1 (August 11, 2020): 109–117. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pedagogika/article/view/2338.

Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman. “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (August 4, 2020). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/6511.

Harianto, GP, Muner Daliman, and Hana Suparti. “Postmodernism And Christianty As The Challenge In Indonesia Context.” PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 18, no. 5 (2021): 64–83. Accessed March 30, 2022. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=HbugJ6sAAAAJ&citation_for_view=HbugJ6sAAAAJ:UebtZRa9Y70C.

Kartini, Tintin, and Rusman Rusman. “Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2, no. 2 (February 18, 2019): 74–86. https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/23651.

Lestari, Ririn Hunafa, Agus Sumitra, Rita Nurunnisa, and Mia Fitriawati. “Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (November 19, 2020): 1396–1408. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/770.

Lewy, Lewy, and Jamin Tanhidy. “Prinsip Hidup Menang Atas Dosa Menurut Rasul Paulus Dalam Roma 6 | Lewy | Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen).” Jurnal Veritas Lux Mea (2019). Accessed March 7, 2022. https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/54.

Nugroho, Widhi Arief, Muner Daliiman, Hana Suparti, and Daniel Susilo. “Implementation of the Apostle Paul’s Teaching Based on Romans 12:6 – 8 to the Christian Teachers.” Technium 25 (2021). https://www.techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/5015.

Pohan, A.F. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung, 2020.

Sanjaya, Ridwan. Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2020. Accessed March 12, 2022. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tpLcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sanjaya+pembelajaran+daring&ots=izjdWgWRZX&sig=MT2ctC7_0iIIFv_dnwCFFQ2jupo&redir_esc=y#v=onepage&q=sanjaya pembelajaran daring&f=false.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Persada Media, 2011.

Siahaan, Harls Evan. “Aktualisasi Pelayanan Karunia Di Era Digital.” Epigraphe 1, no. 1 (2017): 23–38. Accessed March 22, 2022. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=bMpRh9kAAAAJ&citation_for_view=bMpRh9kAAAAJ:p__nRnzSRKYC.

Sriyanti, Fera Siska, and Maria Lidya Wenas. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Agama Kristen Pada Siswa .” Verita Lux Mea 1, no. 1 (2019): 30–40. Accessed March 12, 2022. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=aN90O_EAAAAJ&citation_for_view=aN90O_EAAAAJ:9yKSN-GCB0IC.

Tanhidy, Jamin. “Karakteristik Sekolah Yang Berhasil Dan Implementasinya Bagi Pendidikan Teologi Di Indonesia.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (March 3, 2016). Accessed February 16, 2022. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/21.

———. “Strategi Gereja Menghadapi Postmodernisme.” In Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen, 2016. Accessed March 12, 2022. https://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/4.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v4i1.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats