Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen selama Masa Pandemi Covid-19 melalui Pembelajaran Konstruktivisme, di Universitas Victory Sorong

Tia Metanfanuan

Abstract


This study aims to explain the effect of constructivist learning on learning motivation. With the Covid-19 pandemic, learning has experienced obstacles, namely learning is carried out online so that educators can only partially control their students properly. Submission of material is only centered on the educator. For this reason, selecting the right learning model is a demand and must be met by an educator. The use of the model is needed so that the process of delivering material or learning materials can generate student learning motivation, the results of which will determine the achievements to be achieved by students. The population in this study consisted of 30 people, and the sample was determined from the entire population, so the number of samples was 30. This research approach is quantitative research with a correlational approach, which is to find out how much influence constructivism learning has in the online learning process on students' learning motivation by using SPSS. Constructivism learning affects providing learning motivation for students in following the learning process. The magnitude of the effect of constructivism learning on the learning motivation of UNVIC students is 0.998. So educators who are directly related to the teaching and learning process play an important role in determining student learning outcomes, for that lecturers must change the old teaching pattern by using constructivist learning so that it can provide learning motivation for students.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran konstruktivisme terhadap motivasi belajar. Dengan adanya pandemic Covid-19 pembelajaran mengalami kendala yaitu pembelajaran dilaksanakan secara online sehingga pendidik tidak bisa mengontrol secara langsung peserta didiknya dengan baik. Penyampaian materi hanya berpusat pada pendidik. Untuk itu, pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan tuntutan dan harus dipenuhi oleh seorang pendidik. Penggunan model pembelajaran diperlukan agar proses penyampaian materi atau bahan pelajaran dapat membangkitkan motivasi belajar mahasiswa yang hasilnya akan menentukan prestasi yang akan dicapai mahasiswa. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 30 orang dan penentuan sampel di ambil dari keseluruhan populasi, jadi jumlah sampel adalah 30 orang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu untuk mengetahui seberapah besar pengaruh Pembelajaran konstruktivisme dalam proses belajar online terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan SPSS. Pembelajaran konstruktivisme berpengaruh untuk memberikan motivasi belajar bagi mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Besarnya pengaruh pembelajaran kontruksivisme terhadap motivasi belajar mahasiswa UNVIC adalah 0,998. Jadi sebagai pendidik yang secara langsung terkait dalam proses belajar mengajar memegang peranan penting dalam menentukan hasil belajar siswa, untuk itu dosen harus merubah pola mengajar lama dengan menggunakan pembelajaran konstruktivisme sehingga dapat memberikan motivasi belajar bagi mahasiswa.

 

 


Keywords


constructivism learning;learning motivation; Covid-19 pandemic; motivasi belajar; pandemi Covid-19; pembelajaran konstruktivisme

Full Text:

PDF

References


Mampule, Leonora Agustin. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Fisika Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 6 Yogyakarta tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UST, 2012.

Nurhadi. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana, 2004.

Nababan, D. Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kuantitatif, 2011.

Pieget. Psychology and Epistemologi, New York, 1971

Prayitno, Elidya. Motivasi dalam Belajar, Jakarta : PPLPTK Depdikbud,1989.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 1997.

Purwaningsih, Widodo Budhi. "Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Fisika", Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, Volume 3, Nomor 1 Juni 2016

Rohmalina Wahab. Psikologi Belajar, Palembang: Grafika Telindo Press, 2014.

Sidjabat, B.S. Menjadi Guru Profesional Sebuah Prekfektif Kristiani, Bandung, Kalang Hidup, 2000

Suparno, Paul. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius,1997

Suwardjono. "Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi Gagasan Pengembangan Profesi dan Pendidikan Akuntansi di Indonesia", Kumpulan Artikel, Yogyakarta: BPFE, 1992.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengharuinya, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2003.

Tim Penyusun KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Winkel, W.S. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta : gramedia, 1987.

http://evie.student.umm.ac.id/2021/11/20/pentingnya_teknologi_dalam_pendidikan di Indonesia. Kumpulan Artikel. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v4i2.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats