Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sekolah Minggu Usia 11-15 Tahun
Abstract
Abstrak
Hubungan antara manusia sebagai ciptaan Tuhan dengan sang Pencipta itu sendiri akan terjalin dengan baik apabila orang percaya sadar akan dosa-dosanya dan datang pada Tuhan dan terutama karena kemurahan Tuhan yang telah menebus dosa manusia. Dalam menjalani kehidupannya, orang-orang percaya selalu berusaha menyenangkan hati tuhan dan dianggap sebagai persembahan total. Upaya yang dilakukan manusia sering melewati batas norma secara khusus anak remaja. Anak sering melakukan existensinya yang dianggap sudah benar untuk memuaskan keinginannya sendiri. Salah satu hal yang menjadi tugas kita yang belum dilaksanakan secara penuh dalam pendidikan pelayanan secara khusus pada anak-anak remaja adalah menyampaikan kebenaran tentang Tuhan Yesus. Oleh karena itu, bagaimana kita dapat menyampaikan kebenaran bagi anak diseluruh dunia tentang kerajaan Allah salah satunya adalah melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang diajarkan kepada setiap insan mulai dari usia balita hingga lansia agar lebih mengalami hakekat kita sebagai manusia. Hubungan PAK dengan anak-anak tentu berpaut kepada pribadi yang bersangkutan, apakah dia hanya cukup mengerti saja tentang pendidikan Agama Kristen. Dalam setiap proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam setiap proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, media pembelajaran sangat menolong Guru dalam menyampaikan pesan atau suatu konsep abstrak pada anak. Bagi anak usia 11-15 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminatul Zahroh, membangun kualitas pembelajaran melalui dimensi professional Guru,
Bandung: Irama Widya, 2015
Agustin Nella, Peran Guru Dalam membentuk Karakter Siswa, Yogyakarta: UAD Press
Anggota IKAPI, 2021
Afliani Ludo Buan Yohana, Guru dan Pendidikan Karekater, Jakarta: CV Tirta Buana
Media, 2021.
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.
Baskoro, Paulus Kunto, and Yonatan Alex Arifianto. “Dampak Pengajaran Guru Sekolah Minggu Terhadap Kesetiaan Anak Dalam Ibadah Sekolah Minggu.” DUNAMOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 67–83. https://doi.org/10.54735/djtpak.v2i2.8.
E.G. Homrighausen, pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985
Erick Unarto, bertumbuh dalam karakter Baru Jakarta: Pustaka sorgawi 2007
Groome, Thomas H, Christian Religious Educatoin-Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK
Gunung Mulia,2010
Harun Unartho, Iman Kristen Jakarta: PT Bpk Gunung Mulia, 2005
Home rich, Pendidikan Agama Kristen, Malang BPK Gunung Mulia, 2002
Htttp/wilikipedia Sejarah Berdirinya Charismatic Worship Service
Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, Edisi 2,71
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pendidikan Agama Kristen Jakarta 2010
Laufer ruth & dyck Anny, Guru dalam pandangan Allah Malang: Yayasan persekutuan
perkabaran Injil Indonesia,
Leo Suntanto, Kita Sukses dan Mengelola sekolah Minggu, Yogyakarta; ANDI Anggota
IKAPI, 2008
Lilik Kristanto Paulus, Prinsip dan Praktek PAK Penuntut Bagi Mahasiswa Teologi dan
PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen, (Yogyakarta: Andi offset)
Moleong J Lexi, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 2006
Nurhaman Daniel, Pembimbing pendidikan Agama Kristen, Bandung: Jurnal Media, 2007
Paulus Lilik Kristanto, prinsip dan praktek PAK penuntul bagi Mahasiswa Teologi dan
PAK, pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen, Yogyakarta: andi offset
Prince Derek, Foundations for righteous living Jakarta: prince Derek ministriesIndonesia,
Rahman Cetteng Abd, Menuju Guru Profesional Dan Beretika, Yogyakarta: Graha Guru,
Sijabat B.S, mengajar secara professional Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003
Sijabat B.S, Mengajar secara Profesional Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003
Simaremare.
Susilo, Eunike Anggraeni, Yonatan Alex Arifianto, and Wulan Agung. “Nilai-Nilai Etis Teologi Pendidikan Anak Dan Nilai Pancasila Dalam Kode Etik Guru Sekolah Minggu.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2022): 1–15. https://doi.org/10.55097/sabda.v3i2.52.
Gordon sejarah charismatic worship service fellowship citra 2 jakarta barat 1998
Trimanto Paulus, Pribadi Seorang Pemimpin, Yogyakarta; STT KADESI, 2016.
Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai
Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.
Unartho Harun, Iman Kristen, Jakarta: PT Bpk Gunung Mulia.
Wahyuni Sri, Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta
didik, (Jawa Tengah: NEM Anggota IKAPI, 2021)
Wardan Khusnul, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta; CV Budi Utama, 2019
Yanuar A, Rahasia Jadi Guru Favorit-inspiatif, Yogjakarta-Diva Press, 2015
DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v4i2.109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL TERUNA BHAKTI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.
Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:
View TB Stats