Fundamentalitas Pendidikan Kristiani dalam Penguatan Moderasi Beragama di Indonesia

Elias Modok, Vera Herawati Siahaan

Abstract


The Indonesian nation is a nation that has a society with various cultures, religions, ethnicities, races, languages, ethnicities, traditions, and so on. The reality of people's lives like this happens easily in the name of religion, ethnicity, a tradition so that it has an impact on the harmony of life. Observing, religious moderation in religious education is very much needed in the person of every Indonesian society. This shows that the fundamentality of Christian education in increasing religious moderation in Indonesia requires good initiative from each individual, showing that moderation in Christian education has a very fundamental role in using the heart to do everything in religious life. Based on a brief description of the problem above, the research method applied in the study is a qualitative method with a study approach from previous authors. The purpose of this paper is to discuss the fundamentals of Christianity in religious moderation in Indonesia as an effort to increase the enjoyment of true life for God and others, have the initiative to change life properly, do everything with the heart to form a harmonious life in diversity education, have Christ and able to change a challenge or problem in life together as a holistic force in diversity. 

 

Abstrak

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki masyarakat dengan beragam budaya, agama, etnis, ras, bahasa, suku, tradisi dan sebagainya. Realitas kehidupan masyarakat yang demi-kian, mudah terjadi kesalahpahaman yang mengatasnamakan agama, etnis, tradisi, sehingga berdampak pada keharmonisan hidup. Mencermati kesalahpahaman maka moderasi beragama dalam pendidikan agama sangat dibutuhkan dalam pribadi setiap masyarakat Indonesia. Hal ini menunjuk-kan bahwa fundamentalitas pendidikan Kristiani dalam penguatan moderasi beragama di Indonesia ditunutut inisiatif baik dari setiap individu, menunjukan bahwa moderasi dalam pendidikan Kristen memiliki peran yang sangat fundamental menggunakan hati untuk melakukan segala sesuatu dalam kehidupan yang beragama. Berdasarkan uraian singkat tentang masalah di atas metode penelitian yang di aplikasikan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka dari penulis-penulis terdahulu. Tujuan penulisan ini adalah membahas, fundamental pendidikan Kristen dalam moderasi beragama di Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kenikmatan hidup yang benar bagi Tuhan dan sesama, memiliki inisiati untuk perubahan hidup yang benar, melakukan segala sesuatu dengan hati agar terbentuk bingkai kehidupan yang harmoni dalam keberagaman, memiliki karakter kristus serta mampu mengubah tantangan atau masalah dalam kehidupan bersama sebagai suatu kekuatan yang holistic dalam keberagaman.


Keywords


Christian education; pluralism; plurality; religious moderation; moderasi beragama; pendidikan Kristiani; pluralisme; pluralitas

Full Text:

PDF

References


Alkitab , LAI 2020

Arifianto, Yonatan Alex, Andreas Fernando, Reni Triposa, Sekolah Tinggi, Teologi Sangkakala, and Salatiga 1&3. “Sosiologi Pluralisme Dalam Pendidikan Agama Kristen: Upaya Membangun Kesatuan Bangsa.” Jurnal Shanan 5, no. 2 (October 30, 2021): 95–110. Accessed January 21, 2022. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/3294.

Biblika Perjanjian Baru Tentang Hakim Yang Akan Datang, Teologi, and Kajian Tentang Eskatologi Dalam Perjanjian Baru Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Simon Rumante. “Teologi Biblika Perjanjian Baru Tentang Hakim Yang Akan Datang: Kajian Tentang Eskatologi Dalam Perjanjian Baru Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Jurnal Jaffray 9, no. 1 (April 3, 2011): 188–203. Accessed January 22, 2022. https://www.ojs.sttjaffray.ac.id/JJV71/article/view/93.

Junaedi Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaaan, Edi, and Balitbang RI dan Diklat Kemenag. “INILAH MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF KEMENAG.” Harmoni 18, no. 2 (December 31, 2019): 182–186. Accessed January 20, 2022. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/414.

Kamiruddin, Kamiruddin. “FUNGSI SOSIOLOGIS AGAMA (STUDI PROFAN DAN SAKRAL MENURUT EMILE DURKHEIM).” TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 3, no. 2 (December 8, 2011): 157–176. Accessed January 20, 2022. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/1060.

Keteladanan Yesus sebagai Guru berdasarkan Injil Lukas bagi Guru SMA Kristen Adhi Wiyata Jember Nelly, Menerapkan, Lican Gultom, Sekolah Tinggi Alkitab Jember, and Jawa Timur. “Menerapkan Keteladanan Yesus Sebagai Guru Berdasarkan Injil Lukas Bagi Guru SMA Kristen Adhi Wiyata Jember.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (June 26, 2020): 59–71. Accessed January 22, 2022. https://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/12.

Moderasi, Agama; Indonesia; Moderasi Beragama Kemenak RI. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat. jakarta, 2019.

Patongloan, Nober. “PENGEMBANGAN PEMURIDAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMBELAJARAN ALKITAB UNTUK PENINGKATAN NILAI TOLERANSI DI INDONESIA” (2020). Accessed January 21, 2022. https://osf.io/npvqt/.

PAULUS | LILIK | KRISTIANTO. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Jogjakarta: ANDI PUBLISHER, 2006.

Setia, P, and H M Imron. “Kampanye Moderasi Beragama: Dari Tradisional Menuju Digital” (2021): 291. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Qn4-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=bom+bunuh+diri+dalam+perspektif+hak+asasi+manusia&ots=WwvoPWy6dY&sig=qD1ezmcIXTGrs4Z5lADWyOCYAkY.

Sihombing, Sotarduga. “PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS SMA KRISTEN KALAM KUDUS PEMATANGSIANTAR)” (October 1, 2013). Accessed January 22, 2022. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/450.

Soleman, Oleh, Kawangmani Dosen, Sekolah Tinggi Teologi, Gamaliel Surakarta, Kata Kunci, Apologetika Kontekstual, Kabar Baik, Suku Jawa, and Wong Cilik. “POLA APOLOGETIKA KONTEKSTUAL UNTUK MEMBERITAKAN KABAR BAIK KEPADA SUKU JAWA WONG CILIK.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 1, no. 2 (September 23, 2019). Accessed January 22, 2022. http://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/index.php/gamaliel/article/view/40.

Wenno, Vincent Kalvin. “‘INISIATIF UNTUK MENGASIHI’ Membaca Etika Paulus Dalam Roma 12:9-21 Serta Implikasinya Bagi Pembangunan Perdamaian.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 3, no. 2 (December 1, 2017): 114–128. Accessed January 22, 2022. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/KNS/article/view/8.

“Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah - Dr. Hendro Widodo, M.Pd - Google Buku.” Accessed January 22, 2022. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=a-AxEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pendidikan+spiritual+meningkatkan+pribadi+yang+holistik&ots=RW2Ls-7vVf&sig=qAK9NFimkJNZuaKOXqMFRXf5LSA&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan spiritual meningkatkan pribadi yang holistik&f=false.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v4i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats