Strategi Membangun Karakter Peduli Sesama di Kalangan Mahasiswa Teologi Berdasarkan Filipi 2:1-8

Nurnilam Sarumaha, Novie Deisy Pasuhuk

Abstract


One attitude of the Christian faith is caring for others, as a reflection of caring character for oneself. However, the lives of students of Theological College (STT) cannot fully practice caring attitudes towards others. This research is qualitative research with a descriptive analysis method about the concept of caring for others according to Philippians 2: 1-8 that is applied in the lives of STT Pelita Bangsa students, Jakarta. The concept and understanding of caring attitudes were explored hermeneutically from the Philippian text, then synchronized with the situation of the students through observation and in-depth interviews. Research results in the form of recommendations, such as the need for models or examples from leaders; a kind of clear and written rules must be made; procurement of special room for counseling room.

Abstrak
Salah satu sikap iman Kristen adalah mempedulikan orang lain, sebagai refleksi karakter peduli terhadap diri sendiri. Namun demikian, kehidupan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi (STT) tidak sepenuhnya dapat mempraktikkan sikap kepedulian terhadap sesama tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif tentang konsep peduli terhadap sesama menurut Filipi 2:1-8 yang diterapkan dalam kehidupan mahasiswa STT Pelita Bangsa, Jakarta. Konsep dan pemahaman tentang sikap peduli digali secara hermeneutis dari teks Filipi, lalu disinkronisasi dengan keadaan para mahasiswa melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian berupa rekomendasi, seperti: perlu adanya model atau keteladanan dari para pemimpin; perlu dibuatkan semacam peraturan-peraturan yang jelas dan tertulis; pengadaan ruang khusus untuk ruangan konseling.

Keywords


care to each other; caring character; Philippians 2; theological students; Filipi 2; karakter peduli; mahasiswa teologi; peduli sesama

Full Text:

PDF

References


Anonimus. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan, Malang: Gandum Mas, 2014.

Bibleworks7.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Foulkes, F. “Filipi” dalam: Tafsiran Alkitab Masa Kini 3: Matius – Wahyu, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1999.

Hakh, Samuel Benyamin. Perjanjian Baru, Sejarah, Pengantar dan Pokok-Pokok Teologisnya, Bandung: Bina Media Informasi, 2010.

Kementrian Pendidikan Nasional: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: 2011.

Kubo, Sakae. A Reader’s Greek – English Lexicon Of The New Testament, Michigan: Andrews University Press, 1973.

Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif, Jakarta: Esensi, 2012.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Jakarta: Rosda Jaya, 2015.

Samarenna, Desti, and Harls Evan R Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia.

Siahaan, Harls Evan. “Karakteristik Pentakostalisme Menurut Kisah Para Rasul.” DUNAMIS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) 2, no. 1 (2017): 12–28.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode), Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA, 2011.

Sutanto, Hasan. Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia dan Konkordansi Perjanjian Baru, Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2006.

Suwondo, Chandra. Karakter Keindahan Sejati Dari Manusia, Jakarta: Metanoia, 2007.

Tim Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia, 2013.

Wirartha, I. Made. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis, Yogyakarta: Andi, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.